Jakarta (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa sebanyak 4.539 karya foto dari 979 peserta diikutsertakan pada ajang Lomba Fotografi Color of Jakarta (CoJ) 2024.

"Jumlah peserta yang meningkat 30 persen menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengekspresikan Jakarta melalui ruang digital," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu, saat Penganugerahan Pemenang Lomba Fotografi CoJ 2024.

Menurut dia, lomba karya fotografi ini merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Kota Jakarta.

Selain itu, CoJ juga menjadi kegiatan yang dinanti-nantikan warga Jakarta untuk menangkap kehidupan Kota Jakarta dalam sebuah karya foto.

Baca juga: Pemenang lomba fotografi "Color of Jakarta" diundang ke Istana

Terbukti, antusiasme warga untuk mengikuti lomba ini meningkat cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 4.539 karya foto dari 979 peserta lomba terkumpul. Jumlah ini meningkat 30 persen dari CoJ 2023 lalu yang menerima 3.115 karya foto dari 640 peserta.

"Hal ini memberikan optimisme bagi kami untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang dapat melahirkan berjuta pesona," tuturnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, tema lomba fotografi CoJ 2024 merupakan elaborasi dari tema HUT Ke-497 Kota Jakarta, yaitu "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona".

Tema tersebut dituangkan dalam 4.539 foto dari 979 peserta. Jumlah ini terdiri dari 1.370 foto kategori "Human in Jakarta', 1.076 foto kategori "Public Space and Landscape", 408 foto kategori "Drone" dan 1.685 foto kategori "Photo Series".

Baca juga: Pemkot Jakut gandeng jurnalis kreatif gelar lomba foto-video

Seluruh foto yang masuk telah dikurasi oleh dewan juri profesional, yaitu Darwis Triadi (Fotografer profesional), Arbain Rambey (Pewarta Foto Indonesia) dan Barry Kusuma (Travel Fotografer dan Videografer).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para dewan juri, komunitas fotografi, media massa, dan pihak-pihak yang selalu mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan lomba fotografi 'Color of Jakarta' sejak tahun 2010," katanya.

Pemenang lomba mendapatkan piala dan uang tunai. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp15 juta, juara 2 senilai Rp10 juta dan juara 3 senilai Rp8 juta.

Sigit mengatakan, hadiah tersebut merupakan apresiasi sekaligus motivasi kepada para pemenang sehingga penyelenggaraan lomba fotografi CoJ pada tahun mendatang dapat menghasilkan karya-karya yang semakin beragam dan bisa menjelajahi semua sisi Kota Jakarta.

Baca juga: Heru: Pameran foto ANTARA jadi salah satu destinasi wisata dan belajar

Berikut daftar pemenang "Color of Jakarta 2024":

Kategori Human in Jakarta:
Juara 1 Andhika Prasetia (Penyambutan Bhikku Thudong), Juara 2 Arief Hermawan P (Merawat Stasiun LRT Jabodebek) dan Juara 3 Ahmad Tri Hawaari (Berbagi Buka Puasa di Vihara Dharma)

Untuk kategori Jakarta’s Public Space and Landscape:
Juara 1 Yogi Rahma Syukri (Pertandingan di Penghujung Sore), Juara 2 Andre Hidayat (Lautan Manusia) dan Juara 3 Thoudy Badai (Wisata di Dufan)

Kategori Jakarta’s Public Space and Landscape (Drone):
​​​​​​Juara 1 Nofianto (Suasana Pagi di Kota Jakarta yang Indah), Juara 2 Iqbal Fahma Warastomo (Bermain Wahana Air di Jakarta Utara) dan Juara 3 Vincent Nursalim (Tambak Ikan di Pantai Maju)

Kategori Photo Series:
Juara 1 Immanuel (Siluetnya Kawasan Perpus Jakarta), Juara 2 Adhi Wicaksono (Mengubah Sampah Ciliwung Menjadi Pupuk) dan Juara 3 Herman Subekti (Nelayan Kerang Hijau.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024