Jakarta (ANTARA) – PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali melakukan aksi nyata dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik tanpa khawatir kesulitan mengakses sumber cahaya. Kali ini, Panasonic GOBEL mendistribusikan 100 unit Solar Lantern (lentera surya) ke desa Pulau Gili Asahan, Kec. Sekotong, Lombok Barat, pada 24 Juni 2024. Kegiatan sosial ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah sosial terkait kekurangan pasokan listrik di Indonesia.

Kegiatan CSR dengan tema Light Up the Future ini bertujuan untuk menunjang aktivitas sehari - hari masyarakat agar dapat berjalan lebih lancar, terutama pada saat malam hari khususnya di sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Langkah ini juga sejalan dengan program Panasonic Global untuk mendonasikan 100 ribu Solar Lantern ke lebih dari 30 negara, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan kualitas hidup bagi mereka yang membutuhkan. Di Indonesia sendiri, PGI telah mendistribusikan lebih dari 10.000 Solar Lantern sejak tahun 2013. Dan di tahun 2024, aksi sosial ini diawali dengan pendistribusian ke wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Viya Arsawireja, Head of Communication PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, Program ini tidak hanya sejalan dengan visi sosial Panasonic Corporation secara global, tetapi juga menjadi bagian dari tanggung jawab Panasonic GOBEL sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Aksi sosial ini kami lakukan secara konsisten dan dengan sungguh - sungguh, karena kami percaya bahwa akses terhadap pencahayaan yang memadai merupakan hak dasar setiap individu. Maka dari itu, dengan adanya donasi Solar Lantern ini, kami harap dapat membantu menghadirkan kebahagiaan setiap harinya dan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan yang cerah bagi tiap individu, khususnya bagi masyarakat di Desa Pulau Gili Asahan, Lombok,” ujar Viya.

Inisiatif ini juga, bertujuan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam mengatasi kemiskinan energi dan mendukung akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Dengan kontribusi melalui produk ramah lingkungan ini, Panasonic berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan signifikan bagi masyarakat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

PGI mengucapkan terima kasih kepada Asia Pacific Alliance for Management Disaster (APAD) Indonesia dan Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan & Sosial (AMPLAS) Lombok yang telah membantu dalam menjangkau masyarakat di desa desa yang memiliki kelangkaan energi, untuk mendapatkan akses penerangan sehingga bisa menjalani kehidupan yang lebih aman dan nyaman di Lingkungan yang kondusif.

“Melalui program CSR Solar Lantern ini, PT Panasonic Gobel Indonesia telah dan akan terus berkontribusi dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat di sekitarnya, serta menjadi agen perubahan untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan. Dengan demikian, harapan untuk masa depan yang lebih baik dapat menjadi kenyataan bagi semua”, tutup Viya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024