Jakarta (ANTARA) - Indonesia Inspiring Women Award 2024 yang digelar di Jakarta, Selasa (25/6), memberikan penghargaan kepada 100 wanita Indonesia yang dinilai memberikan inspirasi bagi masyarakat di berbagai bidang kehidupan.

"Gelaran ini akan memotivasi kalangan perempuan bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh para perempuan di tanah air. Hal ini tentunya akan melahirkan super hero-super hero perempuan baru lainnya dan profil mereka bisa terangkat untuk menginspirasi wanita Indonesia lainnya,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Diketahui dalam acara bertajuk “100 Perempuan Menginspirasi Indonesia” itu, para pemenang berasal dari kalangan pengusaha dari berbagai level dan bidang usaha, baik yang sudah menembus pasar internasional, pelaku usaha lokal maupun kalangan akar rumput hingga wanita yang baru memulai usaha namun dinilai prospektif dan inovatif.

Baca juga: Menteri PPPA beri penghargaan pada 14 perempuan inspiratif dalam GCPI

Baca juga: Perempuan Indonesia didorong jadi peneliti UNESCO "Women in Science"


Sejumlah pemenang yang mendapatkan penghargaan yakni Ketua Umum Dekopin Sri Untari Bisowarno, CEO Baliyoni Group Ni Wayan Sri Ariyani, Direktur Pegadaian (Persero) Evi Rofiqotul Hidayah, Direktur Operasional PT Bank IBK Indonesia Tbk MC Vera Afianti hingga Pemilik Elzatta Elidawati Ali Oemar.

Pemenang yang berprestasi tersebut sebelumnya dijaring melalui ekspose di Majalah Peluang edisi April 2024. Dari 100 perempuan berprestasi tersebut, Majalah Peluang menetapkan The Most Inspiring Women Award 2024 kepada tiga orang yaitu Nurhayati Subakat Founder dan Komisaris Utama Paragon Technology and Innovation, Nicke Widyawati Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan Diana Dewi Founder dan CEO PT Suri Nusantara Jaya.

Dalam acara tersebut turut diberikan penghargaan LifeTime Achievement Award kepada Dewi Motik Pramono atas pengabdiannya yang panjang selama 50 tahun di bidang pemberdayaan kaum perempuan terutama sektor usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.

Baca juga: Dapat penghargaan dari CNBC, Dirkeu BNI ajak perempuan jadi inspirator

Sebelumnya, ajang serupa pernah digelar pada tahun 2016 bertajuk Inspiring Women Entrepreneurs Business Award. Diberikan penghargaan kepada 21 orang pengusaha perempuan pelaku bisnis sukses di bidang usaha masing-masing.

Penyaringan awal dilakukan melalui shortlist perempuan pemilik perusahaan yang selama tiga tahun terakhir tumbuh positif, inovatif, pangsa pasar dominan, dampak terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan.

Pada kategori kedua, kalangan eksekutif dengan shortlist perempuan di perusahaan skala nasional, provinsi maupun internasional yang menempati posisi CEO/BOC/BOD. Kemudian keseluruhannya dikerucutkan menjadi 100 nama perempuan yang dinilai juri menginspirasi Indonesia.

Baca juga: KPPPA apresiasi 4 tokoh perempuan penerima penghargaan seni budaya MSI

Baca juga: Konsisten berdayakan perempuan, PNM diganjar 40 Penghargaan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024