Beasiswa juga kami sediakan, tadi Pak Rektor sudah menjelaskan berbagai beasiswa baik itu negeri, gelar maupun non-gelar juga telah disediakan, bahkan sampai ke luar negeri akan kami siapkan
Surabaya (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti menyatakan bahwa kementeriannya memiliki tugas dalam desain besar olahraga nasional salah satunya melalui kompetisi antarmahasiswa.

"Kami ditugaskan oleh negara untuk memastikan sekaligus membina siswa dan mahasiswa agar menghasilkan atlet-atlet tingkat internasional dan salah satunya melalui berbagai even olahraga baik di level lokal sampai internasional," ucapnya saat ditemui wartawan usai pembukaan Asean University Games (AUG) 2024 di Gor Basket Unesa kampus 2 Lidah Wetan Surabaya, Selasa.

Baca juga: Kemendikbudristek: Jalur Rempah bukti Indonesia negara adidaya budaya
 
Tak hanya itu, pihaknya juga terus melakukan penguatan pembinaan prestasi lebih lanjut dari siswa-siswa dan mahasiswa yang mempunyai prestasi.
 
"Beasiswa juga kami sediakan, tadi Pak Rektor sudah menjelaskan berbagai beasiswa baik itu negeri, gelar maupun non-gelar juga telah disediakan, bahkan sampai ke luar negeri akan kami siapkan," ucapnya.
 
Tidak lupa, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya dengan baik AUG 2024 di Surabaya-Malang.
 
"Kami sangat terbantu sekali dengan panitia lokal yang betul-betul sudah bekerja keras memastikan kegiatan ini berlangsung dan kami juga dibantu oleh pemprov dan juga Pemerintah Kota Surabaya dan Malang untuk penyelenggaraan ini," ujarnya.
 
Tak hanya itu, pihaknya berharap agar kontingen Indonesia bisa membawa harum nama negara dengan menjadi juara umum dalam gelaran AUG 2024.

Baca juga: Kemendikbudristek minta peran pemda kurangi ketidakadilan PPDB
 
"Kami harapkan dengan mengirimkan sekitar 392 atlet, Indonesia ingin menjadi juara umum di perhelatan ini," tuturnya.
 
Sementara itu, Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan mengatakan berterima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Kemendikbud Ristek kepada kampusnya dan digelarnya AUG 2024.
 
"Unesa memang unggulannya olahraga sehingga ketika ada event-event seperti Asean University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak, jadi kami siapkan betul atlet untuk memperkuat Asean University Games ini sehingga harapannya Indonesia bisa menjadi juara umum," ucap Prof Nurhasan yang kuga sebagai PIC AUG 2024 ini.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya dukungan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut pihaknya berharap pelaksanaan akan berjalan dengan baik.
 
"Semua venue sudah clear. Di UNESA paling banyak ada 8 cabor, untuk itu kami selalu berkoordinasi dengan teman-teman untuk pelaksanaan karena ada tamu 11 negara dan kami siapkan akomodasi, konsumsi sampai dengan transportasinya karena ini ada kepentingan nama bangsa dan negara," ujarnya.
 
Sementara, terkait perebutan juara dirinya menilai kontingen Thailand yang akan menjadi pesaing kuat dalam gelaran AUG ke-21 ini.
 
"Paling kuat Thailand, mereka juga mempersiapkan luar biasa tapi kami sebagai tuan rumah tidak boleh merasa takut dengan mereka, karena Indonesia sudah tangguh dan telah dipersiapkan oleh tim masing-masing di perguruan tinggi dan PB di 21 cabor itu," katanya.

Baca juga: Keputusan politik tentukan pembangunan narasi kebudayaan Indonesia

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024