Tangerang (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang mengimbau pelaku usaha untuk menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) periode triwulan II yakni periode April -Juni tahun 2024.

"LKPM ini berlaku untuk Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)," kata Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja di Tangerang Selasa

Ia menjelaskan penyampaian LKPM triwulan II tahun 2024 dapat dilakukan pada  1 Juli sampai dengan 20 Juli 2024 melalui situs https://oss.go.id.

"Kepada para investor untuk bisa memenuhi kewajibannya menyampaikan LKPM. Sehingga, Kementerian Investasi dapat terus memantau perkembangan realisasi investasi perusahaan," ujarnya.

Jika ada hambatan, lanjut Sugiharto, DPMPTSP Kota Tangerang telah menyediakan Klinik LKPM bagi pelaku usaha di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang yang terletak di Lantai I City Galery Puspem Kota Tangerang.

Adapun panduan pengisian LKPM dapat diakses melalui tautan https://linktr.ee/lkpm2024. Sedangkan informasi lebih lanjut dapat berkomunikasi melalui email dalaks@bkpm.go.id.

"Adanya Klinik LKPM, tentunya diharapkan tidak ada lagi alasan pelaku usaha tidak melakukan pelaporan LKPM. Sehingga, Kota Tangerang dapat memenuhi standar kepatuhan pelaku usaha dalam pelaporan LKPM di setiap periode,” katanya.

Menurut Sugiharto, Kota Tangerang memiliki target investasi di tahun 2024 ini sebesar Rp14,36 triliun. Harapannya, dengan Klinik LKPM angka ini dapat dicapai lebih dini dari periode yang telah ditentukan.

Capaian investasi Kota Tangerang tahun 2023 mencapai Rp14,99 triliun atau 155,05 persen. Jumlah ini melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang tahun 2023 sebesar Rp9,67 triliun.

"Semoga, angka ini lebih tinggi lagi di tahun 2024 ini,” katanya.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan realisasi investasi di Kota Tangerang triwulan pertama tercatat sebesar Rp4,7 triliun atau 32,87 persen dari target Rp14,36 triliun.

"Realisasi investasi tersebut terdiri dari perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)," kata Nurdin saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Bagi Pelaku Usaha di Kota Tangerang yang digelar di D'Prima Hotel Kota Tangerang, Selasa.

Baca juga: Realisasi investasi Kota Tangerang triwulan pertama Rp4,7 triliun
Baca juga: DPMPTSP: Realisasi investasi tahun 2023 di Banten tumbuh signifikan
Baca juga: Wali Kota Tangerang: Infrastruktur jadi faktor investasi meningkat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024