Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) melaporkan cabang olahraga panahan kembali meloloskan atletnya tim recurve putri ke Olimpiade Paris 2024 melalui kualifikasi pada kejuaraan World Cup Stage 3 di Antalya, Turki.

"World Archery yang merupakan federasi internasional dari cabang olahraga panahan secara resmi telah mengumumkan satu tempat untuk tim recurve putri panahan Indonesia (ke Olimpiade Paris," demikian keterangan KOI melalui akun instagram resmi: @noc.indonesia yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Tim recuvre putri memastikan lolos kualifikasi setelah meraih peringkat 9 dengan total skor 179,5 di ajang World Cup Stage 3 pada kejuaraan yang berlangsung pada 18-23 Juni 2024.

Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) mengirim tiga atlet andalan berjuang dalam kejuaraan tersebut, yaitu Diananda Choirunisa, Syifa Nurafifah Kamal, dan Riau Ega Agatha Salsabila.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi PB Perpani Abdul Razak, saat dihubungi terpisah mengatakan, kejuaraan di Turki adalah peluang terakhir bagi panahan Indonesia untuk meloloskan atlet ke Paris.

Baca juga: Indonesia tambah empat atlet lolos Olimpiade Paris 2024

Abdul menjelaskan, para atlet mengikuti kejuaraan itu untuk menumpulkan poin ranking yang akan diakumulasikan untuk menentukan nasib mereka pada ajang kompetisi tertinggi dunia di Paris.

"Ada peluang kita dapat kuota tim melalui ranking dunia," ujarnya.

Peluang tersebut hanya untuk kategori tim putri, sementara untuk kategori individu sudah diperoleh lewat kejuaraan pada 2023.

Atlet panahan Indonesia yang telah mengantongi tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024 dengan kategori individu yaitu Arif Dwi Pangestu, Rezza Octavia, Diananda Choirunisa.

Baca juga: Atlet judo Maharani lolos ke Olimpiade Paris lewat kuota kontinental

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024