Jakarta (ANTARA) - Akuatik Indonesia mengkampanyekan renang melalui tagar Ayo BeRenang lewat Festival Open Water Swimming 2024 yang menjadi bagian dari 2nd SEA Open Water Swimming di Pantai Jimbaran Hotel Intercontinental, Bali.

Wakil Ketua Umum PB Akuatik Indonesia Harlin Rahardjo menjelaskan Festival Open Water Swimming 2024 akan dilaksanakan 30 Juni pukul 10.00 WITA dengan diikuti ratusan peserta mulai usia 12 hingga di atas 70 tahun dari dalam dan luar negeri.

"Ini salah satu program Akuatik Indonesia untuk mempopulerkan renang dengan tagline Ayo BeRenang. Selain itu event ini diharapkan ikut mendorong sport tourism di Bali," tambah Waketum Harlin Rahardjo dalam konferensi pers daring pada Selasa.

Melewati target 300 peserta, kini sudah 350 peserta mendaftar event ini. Mereka akan berlomba dalam nomor 500 meter, 1 kilometer, 1,5 kilometer, dan 3 kilometer.

Baca juga: Akuatik Indonesia gelar SEA Open Water Swimming di Bali

"Untuk Festival OWS ini kita longgarkan peraturannya, seperti peserta boleh menggunakan alat bantu baik itu berupa fins maupun lainnya. Namun saja peserta yang menggunakan alat bantu jadi yang tercepat tidak berhak naik podium," kata Ketua Panpel, Liza Januar.

Dua atlet Indonesia, Aflah Fadlan Prawira dan Izzy Dwi Faiva optimistis skuad Indonesia pimpinan pelatih Eko Purwandari bakal sukses. Fadlan akan mengikuti nomor 10 km putra, sedangkan Izzy dalam nomor 5 km  putri kategori usia 18-19 tahun.

"Sebagai atlet kami menyambut baik event internasional di Indonesia, karena kali terakhir itu adalah SEA Games 2011. Tentunya ingin memberikan yang terbaik. Saya dan teman-teman sudah sangat mengenal karakteristik Pantai Jimbaran," kata Fadlan.

Baca juga: Akuatik Indonesia berpeluang dapat dua wildcard ke Olimpiade Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024