Kita harapkan Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 bisa menjadi event (kegiatan) nasional dan internasional.....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 yang berlangsung dari 3 hingga 6 Juli 20204 di Kabupaten Belitung Timur memberi ruang kreativitas tanpa batas bagi masyarakat khususnya generasi muda.
 
Kegiatan hasil kolaborasi perangkat daerah, masyarakat, dan pelaku industri ekonomi kreatif, kementerian, dan lembaga ini diharapkan menjadi kegiatan nasional dan internasional yang menarik kunjungan wisatawan.
 
“Kita harapkan Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 bisa menjadi event (kegiatan) nasional dan internasional ataupun menjadi kegiatan sampingan dari kegiatan-kegiatan yang kita kerjakan,” kata Menparekraf di Jakarta, Selasa.
 
Nantinya, katanya, tidak hanya produk-produk bernilai ekonomi tersebut yang ditampilkan dalam Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur, namun juga kehadiran UMKM lokal serta beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti ajang wisata olahraga.

Baca juga: Sandi: Pemerintah beri jaminan terbitkan izin kegiatan sesuai aturan
 
Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Fransiskus Handoko mengapresiasi Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 yang diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat Belitung Timur dan menjadi wadah untuk mengemas sekaligus menampung ide-ide inovasi UMKM.
 
“Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur juga bisa menjadi kebanggaan kita untuk menyambut HUT Ke-79 RI,” katanya.
 
Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin menjelaskan Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 yang kedua ini dihadirkan untuk menggeliatkan perekonomian Belitung Timur.
 
Apalagi Belitung Timur tidak hanya memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa, tapi juga sumber daya manusia yang memiliki potensi kreatif yang besar sehingga perlu dioptimalkan dengan baik.
 
“Karena itu melalui Pekan Inovasi ini kami berharap teman-teman generasi muda dan masyarakat mampu menggali dan menciptakan ide-ide kreatif mereka untuk menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” katanya.

Baca juga: Menparekraf sebut Festival Pesona Danau Limboto semakin meriah
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Belitung Timur, Ilfan Suryawan, mengatakan Pekan Inovasi dan Kreatif Belitung Timur 2024 ini menunjukkan bahwa Belitung Timur terus berupaya untuk maju dan berkembang.
 
“Pada tahun pertama (2023) dengan inovasi dan kewirausahaan, kami sudah mulai mempunyai produk-produk lokal yang bisa memiliki daya saing di tingkat nasional. Bahkan untuk produk tas anyaman dari lais ini, alhamdulillah Ibu Iriana (Ibu Negara RI) membeli 30 tas,” kata Ifan.
 
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024