Jakarta (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyiapkan pemilihan calon rektor baru untuk masa bakti 2024-2029 guna menggantikan rektor saat ini yang masa jabatannya akan habis pada Desember 2024.

"Nanti pada 4 Desember, rektor saat ini akan habis masa jabatannya dan harapannya bisa (sekaligus) serah terima jabatan (rektor baru)," kata Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI Prof Bambang Wibawarta dalam konferensi pers Pemilihan Rektor UI di Jakarta, Selasa.
 
Bambang menjelaskan linimasa proses pemilihan calon rektor UI, yakni pada Mei dan Juni ini merupakan penetapan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UI 2024-2029.

Baca juga: UI susun SNI 9233:2024 untuk dorong konversi energi terbarukan
 
Selanjutnya pada bulan Juli, kata dia, merupakan penjaringan bakal calon rektor yang sudah mendaftar secara resmi.
 
"Pendaftaran secara resmi dibuka pada 15 Juli 2024 sampai dengan 3 Agustus 2024," ujarnya.
 
Bambang menjelaskan seluruh bakal calon rektor yang sudah mendaftar akan disaring menjadi 20 calon, selanjutnya disaring lagi menjadi 7 calon, kemudian disaring menjadi 3 calon pada Agustus, dan akan diumumkan pada September mendatang.
 
"Diharapkan finisnya pada tanggal 26 September 2024," ucapnya.

Baca juga: UI wujudkan wajah baru pendidikan karakter
 
Bambang menegaskan pendaftaran Calon Rektor UI dibuka untuk semua kalangan, baik internal maupun eksternal, serta akademisi maupun praktisi selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Yahya Cholil Staquf berharap Calon Rektor UI yang akan terpilih dapat menjawab berbagai tantangan di dunia pendidikan tinggi yang saat ini bermacam-macam, salah satunya dalam menyiasati biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang kian membengkak.
 
"Harus kreatif untuk menggalang sumber-sumber pembiayaan alternatif, supaya bisa menekan UKT. Saya kira ke depan kita juga butuh kapasitas entrepreneurship yang kuat di dalam pengelolaan UI," ujarnya.

Baca juga: UI sosialisasi penguatan zona integritas melalui transformasi digital
 
Ketua Umum PBNU tersebut juga berharap Calon Rektor UI yang akan terpilih dapat menciptakan riset dan kegiatan akademik yang berdampak pada kehidupan masyarakat serta memiliki orientasi pengembangan ilmu pengetahuan demi kemaslahatan masyarakat.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024