Ini bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, untuk Flores Timur dialokasikan Upsus Pompanisasi bagi lima desa,
Kupang (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT),  menyalurkan bantuan alat pertanian bagi petani di lima desa dalam program upaya khusus (Upsus) pompanisasi.

"Ini bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, untuk Flores Timur dialokasikan Upsus Pompanisasi bagi lima desa," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Flores Timur Sebast Sina Kleden ketika dihubungi dari Kupang, Selasa.

Lima desa penerima bantuan Upsus itu yakni Desa Boru dan Nawokote di Kecamatan Wulanggitang, Desa Aransina dan Latonliwo di Kecamatan Tanjung Bunga, serta Desa Bloto di Kecamatan Adonara Timur.

Baca juga: Mentan dampingi Presiden Jokowi tinjau optimasi pompanisasi di Jateng

Masing-masing desa mendapatkan paket satu unit traktor roda dua dan mesin pompa air.

Ia menjelaskan bantuan alat pertanian itu nantinya dimanfaatkan oleh kelompok tani dan kelompok masyarakat pada lima desa.

Bantuan itu pun diberikan pada desa yang memiliki sumber air alternatif, sehingga sistem pompanisasi dapat membuat air dialirkan ke lahan pertanian untuk ditanami Padi Gogo.

Ia pun berharap bantuan itu dapat menjadi stimulan agar petani bisa menanam padi gogo minimal dua kali setahun dengan luas tanam yang bertambah.

"Sekarang sedang pengolahan lahan 10 hektare, diharapkan bisa bertambah minimal 20 hingga 40 hektare," ucapnya.

Baca juga: Karanganyar tingkatkan surplus produksi beras melalui pompanisasi

Sebast mengatakan bantuan dari pemerintah pusat itu telah disalurkan kepada penerima manfaat.

Ia pun optimis ada peningkatan produksi dengan bantuan yang diberikan.

"Sehingga produksi bertambah, pendapatan petani meningkat, dan ketahanan pangan stabil," katanya.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024