Jakarta (ANTARA) - ​Pemerintah Indonesia melalui Duta Besar RI untuk Fiji, Dupito Simamora, menyerahkan hibah peralatan medis senilai 428.000 dolar Fiji (sekitar Rp3,1 miliar) kepada pemerintah Fiji yang diwakili Menteri Kesehatan Ratu Atonio Lalabalavu. 

Hibah peralatan medis tersebut mencakup tempat tidur rumah sakit elektrik, kursi roda elektrik, meja pemeriksaan, troli obat serta troli darurat, selain hibah pemulihan COVID-19 yang merupakan bagian dari peringatan 50 tahun persahabatan Indonesia dan Fiji. ​​​​

“Sebagai mitra pembangunan Fiji, Indonesia berkomitmen mendukung isu-isu pembangunan prioritas bagi Fiji, termasuk sektor kesehatan. Kolaborasi ini merupakan wujud solidaritas, persahabatan, dan hubungan yang lebih erat antar kedua pemerintah dan rakyat kita," kata Dubes Dupito Simamora melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Terlebih dari itu, lanjut Dubes, kolaborasi keduanya merupakan tujuan bersama untuk saling mendukung dalam mencapai SDGs pada 2030 di tingkat global, regional dan nasional.

Sementara itu, Ratu Atonio Lalabalavu, juga menyampaikan terima kasih atas penyerahan hibah dari Indonesia. “Pagi ini kita menyaksikan kemurahan hati dan dukungan berkelanjutan dari Pemerintah Indonesia kepada rakyat Fiji melalui bantuan hibah peralatan medis yang sangat kita butuhkan dalam memberikan layanan kesehatan kepada rakyat Fiji," katanya.

Menurutnya, sumbangan tersebut membuat perbedaan pada kehidupan masyarakat saat mencari perawatan kesehatan di fasilitas kesehatan sekalian berkontribusi pada visi kementerian kesehatan Fiji untuk mencapai masyarakat yang sehat jasmani.

"Sesungguhnya, tim kami saat ini sedang memuat beberapa peralatan untuk didistribusikan ke fasilitas kesehatan kami di Divisi Utara hari ini," katanya.

Upacara penyerahan peralatan hibah medis disaksikan Alipate Vosaicake, Sekretaris Jenderal Fiji-Indonesia Friendship Association (FIFA) yang diluncurkan Presiden Fiji, Ratu Wiliame Katonivere pada 26 Maret 2024 di Suva.

Peralatan medis tersebut dikirim ke Fiji pada 19 Mei dan tim dari IndoFarma melakukan pelatihan dan penyiapan peralatan secara menyeluruh dengan tujuan membangun kapasitas di antara tenaga kesehatan setempat.

KBRI Suva telah merencanakan sejumlah acara untuk merayakan Jubileum Emas persahabatan antara kedua negara sepanjang tahun ini.

Baca juga: KBRI Suva gelar jalan santai peringati 50 tahun hubungan RI-Fiji
Baca juga: Presiden dorong peningkatan kerja sama saling menguntungkan RI-Fiji

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024