Jakarta (ANTARA) -
Samsung Electronics Co mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur untuk memproduksi chip yang lebih cepat dan efisien untuk komputasi kecerdasan buatan (AI).

Infrastruktur untuk teknologi yang disebut Compute Express Link (CXL) itu dibangun di Samsung Memory Research Center di Hwaseong, sekitar 45 kilometer selatan Seoul, Korea Selatan, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yonhap, Selasa.

Teknologi CXL memungkinkan pengoperasian yang efisien antara unit pemrosesan komputer, akselerator, dan chip memori. Ini dianggap sebagai teknologi memori generasi berikutnya setelah memori bandwidth tinggi.

Samsung mengatakan infrastrukturnya telah disertifikasi oleh Red Hat, sebuah perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat.

Baca juga: Galaxy Z Fold6 dan Flip6 diperkirakan hanya pakai chip Snapdragon

Baca juga: Pertarungan industri chip memanas usai TSMC umumkan node proses 1,6 nm


Kepala tim pengembangan solusi DRAM baru di Samsung Electronics Song Taek-sang mengatakan kemitraan perusahaan dengan Red Hat mampu menghadirkan produk memori CXL dengan keandalan yang ditingkatkan kepada pelanggan Samsung.

“Melalui kolaborasi berkelanjutan kami yang mencakup perangkat lunak dan perangkat keras, kami akan tetap menjadi yang terdepan dalam mengembangkan solusi memori inovatif serta ekosistem CXL,” kata Song dalam pernyataannya.
 
 

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024