Bangkok, (ANTARA/PRNewswire)- EDGNEX Data Centres by DAMAC, penyedia infrastruktur digital global dan bagian dari DAMAC Group, telah mengumumkan ekspansi terbarunya di kawasan APAC dengan mengembangkan pusat data canggih di Bangkok. Pengumuman tersebut dilakukan setelah kehadiran EDGNEX di DCD Connect Asia Pacific – Bali 2024. Tahap pertama dari pusat data kolokasi Tier 3 bertingkat seluas 19.000 meter persegi ini dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2026, sehingga menandai langkah signifikan dalam meningkatkan kemampuan digital di seluruh kawasan tersebut. Proyek baru ini menegaskan komitmen berkelanjutan EDGNEX untuk mendukung pesatnya transformasi digital yang sedang berlangsung di negara-negara APAC.

Di APAC, pasar pusat data Thailand diproyeksikan akan tumbuh secara signifikan, dengan didorong oleh investasi besar di negara tersebut dalam pengembangan kota pintar, analitik big data, dan integrasi IoT. Inisiatif-inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan daya saing ekonomi, dan memosisikan Thailand sebagai pemimpin dalam inovasi digital di kawasan tersebut.

Hussain Sajwani, Pendiri dan Ketua Direksi DAMAC Group, mengatakan: "Pengumuman dan masuknya kami ke Thailand dilakukan pada waktu yang strategis, yang membuktikan adanya peningkatan permintaan terhadap infrastruktur data andal untuk mencapai berbagai target di Thailand dan untuk menumbuhkan ekosistem digital yang kuat. Di seluruh APAC dan secara global, kami terus mencari pasar yang berkembang pesat dan menjanjikan di mana pemerintahnya memiliki visi yang kuat dan selaras dengan pertumbuhan dan visi kami sebagai sebuah bisnis dan sebagai sebuah Grup."

Fasilitas EDGNEX baru ini memiliki lokasi yang strategis di area elite, Rama 9 CBD, Bangkok. Terletak di dekat Bursa Efek Thailand dan sebuah pusat data internasional yang sudah lebih dulu dibangun, Pusat Data EDGNEX memiliki posisi yang baik untuk memberi banyak bisnis konektivitas luar biasa dengan latensi minimal untuk operasi lokal dan global. Dilengkapi akses jalan ganda dan koneksi yang praktis ke Jalan Tol Si Rat, fasilitas ini akan terdiri dari dua gedung. Gedung pertama, yang dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026, akan menghasilkan output sebesar 10 MW, yang diikuti dengan tambahan 10 MW di gedung kedua, sehingga memastikan pertumbuhan yang dapat diskalakan untuk memenuhi permintaan yang makin meningkat dari berbagai bisnis. Pusat data ini akan melayani profil klien yang beragam, termasuk retail, wholesale, dan hyperscale edge node, sehingga memastikan layanan yang efisien untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Danish Nayar, SVP Investasi dan Akuisisi, DAMAC Capital, menambahkan: "Ekspansi kami ke Thailand merupakan pencapaian penting dalam strategi APAC kami. Di era yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan data yang didorong AI, pusat data baru ini akan menjadi aset krusial yang siap mendukung pertumbuhan ekosistem digital Thailand. Fasilitas ini akan memenuhi permintaan yang meningkat terhadap infrastruktur digital yang andal."

Ekspansi di Bangkok ini menyusul pengumuman EDGNEX baru-baru ini mengenai pusat data di Jakarta, Indonesia, yang makin memperkuat kehadirannya di kawasan APAC. Investasi berkelanjutan EDGNEX pada pusat-pusat digital generasi berikutnya ini selaras dengan sasarannya yang lebih luas, yaitu meningkatkan konektivitas digital dan efisiensi operasional di seluruh kawasan tersebut, sehingga membuka jalan untuk masa depan yang lebih terintegrasi secara digital.

Tentang EDGNEX

EDGNEX adalah perusahaan infrastruktur digital global yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab. Ini adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh DAMAC Group. EDGNEX memberikan landasan untuk inovasi lokal di seluruh dunia dan mendisrupsi pasar pusat data dengan kecepatan dan ketangkasan baru. Perusahaan ini secara proaktif membangun, membeli, atau bermitra untuk memenuhi gelombang permintaan baru terhadap layanan pusat data.

Ke Mana Pun Kami Pergi, Yang Lain Mengikuti.


Kontak:
Jai Tolani
Direktur Senior, Komunikasi Korporat
+971 55 82 11998

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024