Jakarta (ANTARA) - James Rodriguez menunjukkan performa gemilang dengan membawa Kolombia memulai kampanye Copa America mereka dengan kemenangan 2-1 atas Paraguay dalam laga Grup D di NRG Stadium Houston Texas, Selasa WIB.

Rodriguez mengkreasikan dua gol bagi timnya dalam kemenangan yang pantas di Grup D. Gelandang berusia 32 tahun ini, memberikan assist untuk gol pembuka Kolombia pada menit ke-32.

Setelah menemukan ruang di sisi kiri, Rodriguez mengirim umpan silang yang tepat ke tiang jauh, di mana Daniel Munoz menyambutnya dengan sundulan keras yang mengecoh kiper Paraguay, Rodrigo Morinigo, dan membuat skor menjadi 1-0.

Sepuluh menit kemudian, Colombia menggandakan keunggulan mereka dan lagi-lagi gol tersebut dihasilkan dari kaki kiri Rodriguez. Kali ini, gol datang dari sisi yang berlawanan, dengan Rodriguez mengayunkan tendangan bebas yang disambut sundulan gelandang Crystal Palace, Jefferson Lerma, yang mengubah skor menjadi 2-0 di menit 42 dan keunggulan tetap terjaga hingga turun minum.

Kolombia terus menciptakan peluang di babak kedua, namun Paraguay membuat akhir pertandingan menjadi menegangkan setelah Julio Enciso yang merupakan pemain Brighton and Hove Albion mencetak gol pada menit ke-69.

Ramon Sosa mengirim umpan dari sisi kiri dan Enciso memanfaatkan kelengahan pertahanan Kolombia untuk melepaskan tendangan voli pertama yang bersarang di sudut bawah gawang Camilo Vargas. Kendati demikian, Kolombia berhasil mengontrol permainan setelah kebobolan satu gol dari Paraguay dan tetap menjadi tim yang lebih mengancam.

Tim asuhan Nestor Lorenzo bahkan mengira mereka mendapat penalti pada menit ke-84 ketika umpan silang Rodriguez ke dalam kotak penalti diakhiri dengan Yerry Mina yang tampak dijatuhkan oleh Gustavo Velazquez. Namun, keputusan penalti yang diberikan oleh wasit Argentina, Dario Herrera, dibatalkan setelah tinjauan VAR.

Selanjutnya, Kolombia akan menghadapi Kosta Rika dalam pertandingan kedua mereka di turnamen ini pada Sabtu (29/6), sebelum menutup kampanye putaran pertama mereka melawan Brasil pada 2 Juli. Brasil sendiri akan memulai kampanye Copa America mereka melawan Kosta Rika di Inglewood, California, hari ini.

Dengan kemenangan ini, Kolombia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 24 pertandingan, sekaligus memberikan kepercayaan diri tinggi menjelang laga-laga berikutnya di turnamen sepakbola terbesar di Benua Amerika.

Baca juga: Pelatih puji kepemimpinan Pulisic saat AS kalahkan Bolivia 2-0

Baca juga: Uruguay tundukkan Panama 3-1, puncaki Grup C

Baca juga: AS kalahkan Bolivia 2-0, Pulisic cetak gol dan assist

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024