Beijing (ANTARA) - China akan mendukung konsumsi elektronik berteknologi tinggi generasi baru seperti perangkat-perangkat pintar yang dapat dikenakan (wearable) dan robot humanoid yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China, perencana ekonomi utama negara tersebut, pada Senin (24/6).

Dalam sebuah pernyataannya, NDRC mengatakan bahwa berbagai upaya akan dilakukan untuk memfasilitasi interaksi manusia-komputer dengan mendorong pengembangan teknologi seperti layar fleksibel, pengisian daya super (supercharging), asisten AI, dan model besar pada perangkat.

Dukungan akan diberikan pada penerapan perangkat-perangkat pintar yang dapat dikenakan di berbagai bidang seperti komunikasi, hiburan, olahraga, pemantauan kesehatan, dan pembayaran seluler, menurut langkah-langkah baru itu.

China juga akan mengeksplorasi pengembangan robot humanoid berbasis model AI, dan memperluas penerapan robot pintar dalam pembersihan, waktu luang (leisure) dan rekreasi, perawatan untuk warga lanjut usia dan penyandang disabilitas, serta pendidikan dan pelatihan, kata NDRC.

Model-model produksi baru seperti kustomisasi yang disesuaikan, desain yang dipersonalisasi, dan produksi yang fleksibel akan didukung, serta kegiatan promosi harus dilakukan guna meningkatkan kesadaran para konsumen dan penetrasi pasar produk pintar, demikian ditambahkan NDRC. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024