Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 120 mahasiswa Thailand mempelajari Gondang Batak dan Tari Tor Tor pada Indonesian Festival (Indofest) ke-7 yang digelar di Universitas Khon Kaen, Thailand pada Jumat (21/6).

KBRI di Bangkok secara khusus mendatangkan langsung Gondang Orchestra asal Indonesia untuk mengajarkan budaya dan kesenian Batak dan didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia.

“Kami ingin mahasiswa Thailand memahami bahwa Indonesia memiliki kebudayaan dan kesenian yang beragam, salah satunya kesenian dari Suku Batak di Sumatera Utara yang mereka pelajari hari ini”, kata Duta Besar  RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UN-ESCAP, Rachmat Budiman dalam siaran pers yang diterima, Senin.

Rachmat juga menyampaikan apresiasi kepada Universitas Khon Kaen dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co., Ltd. atas kerja sama yang baik selama ini, termasuk penyelenggaraan Indofest tahun ini.

Sementara itu, Wakil Presiden Universitas Khon Kaen, Choopong Thongkamsamut, mengapresiasi KBRI Bangkok atas kepercayaan yang diberikan kepada Universitas Khon Kaen sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Indofest ke-7.

Dia juga berharap agar mahasiswa Thailand tidak hanya mendapat ilmu baru, namun juga memiliki kenangan baik tentang Indonesia.

Kegiatan tersebut dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama, mahasiswa diberikan penjelasan singkat mengenai Indonesia secara umum dan budaya Batak secara khusus. Selanjutnya, mereka dipisahkan sesuai dengan jurusan masing-masing, seperti seni musik memainkan gondang dan seni tari mempelajari Tari Tor Tor.

Pada sesi kedua, mahasiswa yang juga berasal dari perguruan tinggi lain di sekitar Khon Kaen, diberikan kesempatan untuk menampilkan kesenian yang telah pelajari sebelumnya.

Meskipun hanya belajar selama tiga jam, mereka memainkan gondang dan menampilkan Tari Tor Tor dengan baik, menurut pernyataan KBRI.

Disebutkan bahwa mahasiswa juga berkesempatan menyaksikan musik gondang dari Gondang Orchestra dan Dubes Rachmat secara spontan ikut berkolaborasi dengan Gondang Orchestra untuk membawakan sejumlah lagu Batak.

Kegiatan Indofest diselenggarakan KBRI Bangkok dan bekerja sama dengan Universitas Khon Kaen dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham.

Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka meningkatkan kesadaran publik, khususnya kalangan mahasiswa, terkait peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand ke-75 tahun.

Baca juga: Dubes Rachmat bahas aturan impor barang dari Thailand ke Indonesia
Baca juga: Peran aktif KBRI pada hubungan bilateral diapresiasi parlemen Thailand
Baca juga: KBRI Bangkok prioritaskan promosi budaya Indonesia di Thailand



 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024