Kementerian Kebudayaan Saudi dan kelompok seni teamLab yang dari Tokyo meluncurkan teamLab Borderless Museum pertama di Timur Tengah di Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu di Jeddah yang Bersejarah

Dengan total luas lantai seluruh bangunan sekitar 10.000 meter persegi, ‘museum tanpa peta’ ini memuat lebih dari 80 karya seni digital yang melampaui batas

Jeddah, Arab Saudi --(ANTARA/Business Wire)-- teamLab Borderless Jeddah, atau dikenal sebagai museum tanpa peta, dibuka pada tanggal 10 Juni di Kawasan Bersejarah Jeddah sebagai inisiatif kerja sama antara Kementerian Kebudayaan Saudi dan kelompok seni teamLab dari Tokyo. Dengan total luas lantai seluruh bangunan sekitar 10.000 meter persegi, ini adalah teamLab Borderless Museum permanen yang pertama di Timur Tengah di tepi Alarbaeen Lagoon, menghadap panorama Jeddah yang Bersejarah, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

teamLab Borderless Jeddah adalah salah satu inisiatif Program Quality of Life Arab Saudi untuk mengembangkan dan membina infrastruktur pameran budaya dan seni, dengan tujuan memperkuat kontribusi Kerajaan Saudi terhadap seni dan budaya, sebagai salah satu tujuan Visi Saudi 2030.

teamLab Borderless adalah dunia karya seni tanpa batas, museum tanpa peta karya teamLab. Karya seni keluar ruangan, berkomunikasi dengan karya lain, memengaruhi, dan kadang saling berbaur tanpa batas, membentuk satu dunia berkesinambungan tanpa batas. Saat pengunjung membenamkan tubuh dalam seni tanpa batas ini, mereka ‘berkeliaran, menjelajah, dan menemukan’.

Museum raksasa yang pertama kali dibuka pada tahun 2018 di Tokyo ini memecahkan rekor dunia sebagai museum seniman tunggal yang paling banyak dikunjungi (*1), berisi lebih dari 80 karya seni independen yang saling memiliki keterkaitan yang kompleks dan dengan pengunjung. teamLab mengubah pemandangan selamanya. teamLab Borderless Jeddah terdiri dari beberapa area yang saling terhubung: Borderless World, Light Sculpture, Athletics Forest, Future Park, Forest of Lamps, EN TEA HOUSE, dan Sketch Factory.

Kata Toshiyuki Inoko, Pendiri teamLab, ”Jeddah adalah salah satu kota global terkemuka di Timur Tengah yang memiliki sejarah mendalam dan kaya budaya. Kami merasa sangat terhormat dapat membuka teamLab Borderless di Jeddah yang bersejarah, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kali ini kami dapat meluncurkan teamLab Borderless dalam skala yang luar biasa dengan arsitektur yang sungguh hebat di lokasi yang indah ini.

teamLab Borderless berdasarkan pada konsep bahwa segala sesuatu ada di dalam kesinambungan tanpa batas. Kami ingin menciptakan ‘keindahan’, di mana berbagai karya seni saling terhubung dan berkesinambungan tanpa batas.

Karya seni kami didasarkan pada kesinambungan pengetahuan di sepanjang sejarah umat manusia. Karena itu, sangat penting mendirikan teamLab Borderless berskala besar di Jeddah yang Bersejarah. Melalui Jeddah yang Bersejarah dan teamLab Borderless, kami ingin menjadikan tempat ini paling menakjubkan di dunia, menciptakan pengalaman di mana pengunjung melakukan perjalanan antara masa lalu dan masa kini yang saling terhubung dengan sempurna, dan merasakan makna yang kuat.”

Kata Abdulrahman Almotawa, Juru Bicara Resmi Kementerian Kebudayaan Saudi, “Kami sangat bangga membuka teamLab Borderless Museum di pusat kawasan bersejarah Jeddah. Usaha pertama yang terwujud berkat kerja sama dengan teamLab ini adalah bagian dari babak baru dalam budaya Arab Saudi. Museum ini adalah ruang revolusioner di mana batas-batas antara seni, teknologi, dan alam bertemu, menghadirkan pengalaman yang benar-benar imersif. Kami berterima kasih kepada teamlab yang memiliki dedikasi yang sama dengan Kementerian Kebudayaan untuk mengembangkan ekspresi artistik inovatif yang dapat diterima di tingkat lokal maupun global.

Kami membayangkan teamlab Borderless Jeddah sebagai titik pertemuan yang dinamis, di mana pengunjung dapat menjelajahi wilayah kreativitas yang belum dipetakan dan terlibat dalam dialog yang menjembatani kekayaan warisan Kerajaan Saudi dengan wacana seni kontemporer. Di saat Kementerian Kebudayaan terus berupaya mencapai tujuan budaya Visi Saudi 2030, kami ingin agar museum ini dapat mengangkat Kerajaan Saudi menjadi pusat seni dan budaya di kawasan ini dan di seluruh dunia.”

______________________________

teamLab Borderless Jeddah

Untuk Media
Informasi untuk Pers: https://bit.ly/borderless_jeddah

Tentang teamLab
teamLab (didirikan tahun 2001) adalah kelompok seni internasional. Praktik kolaboratif mereka berupaya mempertemukan seni, sains, teknologi, dan dunia alam. Melalui seni, sekelompok pakar antar disiplin ilmu ingin mengeksplorasi hubungan antara diri sendiri dan dunia, dan bentuk-bentuk persepsi baru.

Tentang Kementerian Kebudayaan Saudi
Arab Saudi memiliki sejarah seni dan budaya yang luas. Kementerian Kebudayaan mengembangkan ekonomi budaya Arab Saudi dan memperkaya kehidupan sehari-hari warga negara, penduduk, dan pengunjung. Kementerian Kebudayaan membawahi 11 komisi khusus sektor dan berupaya mendukung serta melestarikan budaya dinamis yang sesuai dengan masa lalu, dan menatap masa depan dengan menghargai warisan dan menyajikan berbagai bentuk ekspresi yang baru dan inspiratif bagi semua orang.

Tentang Program Quality of Life
Diluncurkan pada tahun 2018 sebagai bagian dari Visi Saudi 2030, program ini dicanangkan khusus untuk meningkatkan kualitas hidup setiap orang dan keluarga. Program Quality of Life berfokus pada penciptaan lingkungan yang mendukung dan mengembangkan peluang baru, mendorong partisipasi dalam kegiatan budaya, hiburan, kegiatan olahraga, pariwisata, dan berbagai kegiatan lain yang berperan pada peningkatan kualitas hidup. Program ini bertujuan menciptakan lapangan kerja, mendiversifikasi kegiatan ekonomi, dan meningkatkan status kota-kota di Arab Saudi dalam peringkat global sebagai kota terbaik untuk tempat tinggal.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/54063566/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

teamLab Social Branding Team

Sumber: teamLab

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024