Jakarta (ANTARA) - Pebasket Satria Muda (SM) Pertamina Artem Pustovyi tampil gemilang saat SM memutus sembilan kemenangan beruntun Prawira Harum Bandung di Indonesian Basketball League (IBL) 2024 dengan skor tipis 98-97 di C-Tra Prawira Arena, Bandung, Minggu (23/).

Pustovyi memimpin SM dari 33 menit 2 detiknya bermain di lapangan setelah mental timnya jatuh di awal laga karena Reynaldo Garcia Zamora ejected, dengan 26 poin, lima rebound, dan lima asis pada laga yang sekaligus membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama dengan skor 68-76 dari Prawira pada Maret lalu itu.

"Laga yang sulit bagi kami. Terutama setelah ada pemain yang ejected. Namun kami berusaha tetap fokus, dan kembali menemukan kepercayaan diri di babak kedua," kata Pustovyi setelah pertandingan, dikutip dari laman resmi IBL, Senin.

SM memulai laga dengan sempat tertinggal 16 poin dan baru bangkit di kuarter keempat untuk mencuri kemenangan penting.

Baca juga: Artem Pustovyi yakin SM mampu bersaing di level tertinggi

Sang tuan rumah Prawira terus memimpin hampir di sepanjang pertandingan. Tetapi di kuarter keempat, fokus mereka mulai menurun. Mereka terus digempur serangan SM hingga detik-detik terakhir.

Prawira terkunci dengan hanya mencetak 18 poin di kuarter terakhir. Sebaliknya SM mengumpulkan 32 poin, termasuk dua free throw Pustovyi di sembilan detik terakhir untuk memastikan kemenangan.

"Kami tampil menurun di kuarter keempat. Ini bukan karena kondisi fisik, tapi sedikit soal foul trouble dan lawan. Kami kurang baik menyesuaikan diri di permainan, sementara lawan bisa beberapa kali menyakiti dan menyulitkan kami," kata pelatih Prawira David Singleton seusai laga, dikutip dari laman resmi Prawira, Senin.

Sementara itu, mengikuti catatan Pustovyi, Elgin Cook pada laga debutnya mencetak 23 poin, sembilan rebound, dan tiga asis. Torehan Cook diikuti Reynaldo Zamora dengan 10 poin dan empat asis.

Dari Prawira, Brandone Francis dengan 37 poin, enam rebound, dan tujuh asis. Kontribusi besar juga dicetak oleh Antonio Hester dengan 15 poin dan delapa rebound, Hans Abraham dengan 14 poin, tiga rebound, dan satu asis, dan Yudha Saputera dengan double-double 13 poin, 10 asis, dan tiga rebound.

Prawira melakukan 18 turnovers di sepanjang laga, yang berhasil dikonversi menjadi 17 poin oleh SM. Lima turnovers di antaranya dilakukan di kuarter keempat, yang memberikan momentum bagi lawan untuk membalikkan keadaan.

Baca juga: "Center" Timnas Ukraina Artem Pustovyi jadi amunisi baru Satria Muda

Sepuluh pelanggaran yang dilakukan Prawira di kuarter keempat juga sangat merugikan karena membuat SM bisa mendapatkan 13 kesempatan free throw, dengan 11 free throw di antaranya membuahkan poin.

SM yang menang delapan laga beruntun saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 41 poin, hasil 17 kemenangan dan tujuh kekalahan (17-7).

Untuk Prawira, kekalahan ini menempatkan mereka pada posisi tujuh dengan 35 poin, hasil 15 kemenangan dan lima kekalahan (15-5).

SM akan bertamu melawan Dewa United pada dua pekan mendatang, Sabtu (6/7) pukul 18.00 WIB, sedangkan Prawira akan tandang melawan Tangerang Hawks pada Rabu (26/6) pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Brandone Francis bawa Prawira taklukkan Dewa United

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024