lokasi tanah jalan yang telah diukur di wilayah Pulau Kelapa sebanyak 56 bidang jalan dengan total luas 11.436 meter persegi
Jakarta (ANTARA) - Suku Badan Pengelola Aset Daerah (Suban PAD) Kepulauan Seribu melakukan pengukuran terhadap 117 bidang tanah di tiga pulau pemukiman, Kepulauan Seribu Utara sebagai upaya mengamankan aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pengukuran dilakukan selama tiga hari dan kami berhasil mengukur dan mencatat 117 tanah jalan di Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Harapan," kata Kepala Suban PAD Kepulauan Seribu, Heldah di Jakarta, Senin.

Pihaknya menggandeng Kantor Pertanahan Jakarta Utara, Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air Kepulauan Seribu, dan Unit Pelaksana Teknis UPT Pengukuran Sudin Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Kepulauan Seribu untuk mengukur sebidang lahan jalan yang nantinya dipakai pembuatan sertifikat bidang tanah.

Ia menyebutkan lokasi tanah jalan yang telah diukur di wilayah Pulau Kelapa sebanyak 56 bidang jalan dengan total luas 11.436 meter persegi.

Kemudian Pulau Harapan 34 bidang jalan dengan total luas 6.943 meter persegi dan Pulau Kelapa Dua 27 bidang jalan dengan total luas 1.274 meter persegi.

Selain itu, lanjutnya Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kepulauan Seribu pun telah mencatat bidang tanah jalan yang sudah berstatus KIB A ada 576 bidang.

Pihaknya berharap seluruh barang milik negara atau daerah berupa tanah yang dikuasai harus disertifikatkan atas nama pemerintah.

"Semoga di 2024 ini semua bidang tanah milik Pemprov DKI Jakarta, termasuk tanah jalan di Kepulauan Seribu sudah disertifikatkan dan dapat terbit," kata dia.

Sementara Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengapresiasi pengukuran pada sejumlah bidang tanah jalan di wilayahnya.

Dirinya juga mengajak warga yang memiliki aset di pulau diingatkan agar mengajukan sertifikasi, sehingga tidak terjadi sengketa.

"Penjagaan aset ini sangat penting untuk menghindari klaim dan pemanfaatan lahan oleh pihak lain," kata dia.
Baca juga: Bupati ajak masyarakat ikut awasi tahapan Pilgub Jakarta
Baca juga: Pemkab percantik tanggul air Pulau Kelapa sambut HUT Jakarta
Baca juga: KWT di Kepulauan Seribu panen sayuran Pulau Pramuka

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024