Palembang (ANTARA) -
Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan menyatakan dua haji kloter 2 Debarkasi Palembang tertunda kepulangannya ke tanah air karena sakit dan harus mendapatkan perawatan.
 
"Sebanyak 447 haji kloter 2 tiba di tanah air hari ini, namun dua haji harus tertunda kepulangannya karena sakit," kata Plh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan di Palembang, Senin.
 
Menurutnya jamaah haji yang sakit dan dirawat di Arab Saudi akan terus dipantau kondisinya. Apabila sudah sehat dan dinyatakan layak terbang, mereka akan dipulangkan ke Indonesia bersama kloter-kloter berikutnya.

Baca juga: 438 peserta haji Kloter 2 asal Garut telah kembali dalam keadaan sehat
 
Ketua kloter 2 Debarkasi Palembang Muslim Aswari menerangkan bahwa saat berangkat ke tanah suci pada 13 Mei lalu, jamaah kloter 2 berjumlah 448.
 
Kemudian di Madinah, ada satu  yang meninggal yaitu Yusman Irawan (64) asal Lubuklinggau. Selain itu, saat kepulangan ke tanah air, ada dua  yang tidak bisa ikut pulang karena masih dirawat di rumah sakit Makkah yaitu Zainoni Zen Ibrahim (68) dan Bonandar Iskak Karyo (60) asal Lubuklinggau.
 
Namun ada dua haji dari kloter 7 yang ikut pulang lebih awal (tanazul) ke kloter 2 yaitu Ahmad Nuril Alam (68) dan Eva Hariyantini (44).
 
“Dengan demikian, kloter 2 yang pulang ke Palembang hari ini berjumlah 447 orang, termasuk lima petugas kloter. Kloter 2 terdiri dari jamaah asal Palembang, Lubuklinggau dan Muratara,” jelas Muslim.

Baca juga: Timwas Haji DPR Cek Fasilitas Hotel Transit Jemaah Indonesia di Madinah

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024