Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu (Pemkab Pulau Seribu) mempromosikan destinasi wisata di wilayah setempat melalui media sosial dengan menggandeng pemengaruh, fotografer serta mahasiswa melalui perjalanan pengenalan (familiarization trip/famtrip).

"Ada 65 peserta terdiri dari 'influencer', mahasiswa dan fotografer, menikmati pengenalan destinasi wisata di Kepulauan Seribu dan peserta akan menyebarluaskan informasi wisata ini di akun media sosial mereka," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan kegiatan ini untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata di Kepulauan Seribu kepada masyarakat dan dunia internasional.

"Ini kegiatan rutin, agar peserta bisa merasakan langsung destinasi pariwisata di Pulau Seribu," kata dia.

Ia menjelaskan seluruh peserta diajak berkeliling ke pulau resor di Pulau Payung dan Pulau Bidadari, kemudian ke pulau cagar budaya di Pulau Tidung Kecil. Para peserta diberikan waktu mengelilingi pulau untuk mencari lokasi mengabadikan foto yang menakjubkan.

Baca juga: Kepulauan Seribu perkenalkan destinasi wisata kepada pembuat konten

"Di Pulau Tidung Kecil mereka difasilitasi menanam bibit mangrove dan 'restocking' ikan dari Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL-red) Kepulauan Seribu dan mengelilingi museum yang ada," ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan ini mampu untuk mempromosikan wisata Jakarta ke generasi muda, khususnya wisata bahari di Kepulauan Seribu.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan menumbuhkan rasa cinta dan ikut menjaga kelestarian laut dan ekosistemnya.

"Semoga dengan unggahan dan konten peserta ke media sosial dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Seribu sehingga mampu meningkatkan pendapatan penduduk lokal," katanya.

Sementara itu seorang peserta, Arjuno Sakti (28) mengaku destinasi wisata bahari di Kepulauan Seribu masih sangat alami dan menakjubkan, dirinya merasa mendapatkan wawasan baru di setiap lokasi yang dikunjungi.

Baca juga: Kepulauan Seribu miliki "Desa Image" untuk dorong pertumbuhan wisata

"Saya akan mengajak dan mempromosikan Pulau Seribu ke rekan dan keluarga bahwa masih ada destinasi alam yang cantik dan dekat," kata Arjuno.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024