Nanjing (ANTARA) - Hari Olimpiade bertujuan untuk mendorong partisipasi global dalam olahraga, tanpa memandang gender, usia, atau kemampuan atletik. Hari Olimpiade tahun ini, yang mengusung tema "Let's Move" atau "Ayo Bergerak", menginspirasi berbagai acara di 14 kota dan wilayah di China, termasuk Beijing, Hangzhou, Nanjing, dan Qingdao. Ribuan penggemar olahraga menikmati ajang lari santai, perkemahan budaya Olimpiade, dan masih banyak lagi.
      Warga dari Zhangjiakou, Provinsi Hebei, mengikuti fun run pada acara Hari Olimpiade setempat pada 23 Juni 2024.


Pada acara utama di Beijing, Wakil Presiden Komite Olimpiade China Zhou Jinqiang menyoroti perayaan tahunan Hari Olimpiade yang telah diselenggarakan sejak 1987.

"Dengan semakin dekatnya Olimpiade Paris, para atlet China berada dalam tahap akhir persiapan. Kami berharap semua orang dapat berpartisipasi aktif dalam olahraga, mendukung para atlet Olimpiade di seluruh dunia, serta menikmati kesehatan dan kebahagiaan yang dibawa oleh Gerakan Olimpiade," kata Zhou.

Wakil Direktur Sekretariat Komite Olimpiade China Shen Jie menyampaikan pesan dari Presiden IOC Thomas Bach, yang mengajak orang-orang untuk bergerak pada hari istimewa ini, merayakan kelahiran Gerakan Olimpiade modern, menyambut Olimpiade Paris, dan merangkul moto Olimpiade, "Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat - Bersama" (Faster, Higher, Stronger - Together).
 
 Warga asal Qingdao, Provinsi Shandong, mengikuti acara Hari Olimpiade setempat pada 23 Juni 2024.

Di Beijing, kamp budaya Olimpiade menampilkan area pengalaman olahraga virtual yang menarik perhatian banyak warga. Kamp studi bertema Olimpiade juga diselenggarakan, yang mencakup kunjungan ke sejumlah venue Olimpiade dan Museum Olimpiade Beijing, yang memungkinkan para peserta menelusuri kembali jalur Olimpiade serta merasakan budaya dan semangat Olimpiade.   

Juara Olimpiade Zhang Jiaqi, yang menghadiri acara tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap Gerakan Olimpiade, yang menurutnya menyuarakan pengertian, persatuan, persahabatan dan antusiasme.

Di seantero China, para penggemar olahraga secara aktif merangkul semangat Olimpiade. Di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, lebih dari 500 pencinta olahraga berpartisipasi dalam ajang lari santai serta kamp pelatihan bola basket dan sepak bola. Sesi latihan flag football, sebuah cabang olahraga baru di Olimpiade, juga digelar.
 
   


Di Nanjing, Provinsi Jiangsu, ratusan warga yang mengenakan kaos Hari Olimpiade mengikuti ajang lari 2 kilometer. "Saya biasanya tidak suka berolahraga, tetapi saya merasa sangat senang setelah mencobanya! Dengan semakin dekatnya Olimpiade Paris, sangat menyenangkan dapat merasakan semangat Olimpiade melalui kegiatan ini," ujar Yao Xiuzhen, seorang warga Nanjing berusia 52 tahun

Di Qingdao, Provinsi Shandong, penduduk setempat ikut serta dalam ajang jalan sehat massal dan kamp pelatihan olahraga layar Olimpiade. Para pelatih olahraga layar profesional memberikan pelajaran tentang struktur kapal dan ikatan simpul, serta memandu praktik pengalaman olahraga layar di laut.

Selain itu, pada Minggu malam waktu setempat, tempat-tempat ikonis Olimpiade seperti Bird's Nest dan Water Cube di China akan diterangi cahaya untuk merayakan Hari Olimpiade dan menyoroti hubungan China dengan Gerakan Olimpiade.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024