meski berada di atas kursi roda, panitia mengatur segalanya dengan dengan baik
Berlin (ANTARA) - Panitia penyelenggara Piala Eropa 2024 menaruh perhatian khusus bagi para suporter tim tuan rumah, kontestan, ataupun para penggemar sepak bola dari seluruh dunia yang memiliki kebutuhan khusus. 

Para suporter penyandang disabilitas mendapatkan layanan khusus di dalam dan luar stadion.

"Saya datang ke Berlin dari Swiss untuk menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2024. Saya sangat menikmati pelayanan khusus yang diberikan bagi kami para penonton yang menggunakan kursi roda,” kat Nicole kepada ANTARA di Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate, Berlin, Senin dini hari WIB.

Thipa, suporter asal Thailand, yang memiliki keterbatasan khusus juga mengapresiasi panitia penyelanggara Piala Eropa 2024. 

“Saya sangat senang mendapatkan perhatian dan pelayanan khusus dari panitia Piala Eropa 2024, terima kasih. Saya dan pasangan datang dari Thailand untuk menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2024,” kata Thipa.

“Sangat menyenangkan bisa berada di sini dikelilingi banyak orang. Fantastis. Saya juga merasa sangat senang meski berada di atas kursi roda, panitia mengatur segalanya dengan dengan baik termasuk adanya layanan khusus bagi saya dan orang-orang yang membutuhkan layanan khusus selama Piala Eropa,” kata Gary, suporter asal Inggris.

Selama turnamen Piala Eropa 2024 terdapat juga petugas akses disabilitas (DAO) yang berdedikasi, yang perannya adalah mendukung para pendukung tim nasional penyandang disabilitas.

DAO membantu mengoptimalkan pengalaman hari pertandingan bagi para penggemar dan pendamping mereka, termasuk saran perjalanan, layanan tempat pertandingan, dan informasi penting lainnya.

Panitia juga menyediakan perangkat komentar audio-deskriptif. Guna meningkatkan inklusivitas, semua 51 pertandingan di Piala Eropa 2024 menampilkan komentar audio-deskriptif (ADC) dalam bahasa Jerman dan bahasa tim yang bertanding, atau bahasa Inggris jika bahasa Inggris tidak tersedia, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi para penggemar tunanetra dan tunanetra.

Solusi berbasis web berarti para penggemar di rumah juga dapat menggunakan layanan ADC menggunakan aplikasi resmi Piala Eropa 2024.

Baca juga: 70 ribu suporter memadati Fan Zone di Berlin

Baca juga: Suporter Turki buat keributan di Jalanan Berlin

Baca juga: Rombongan ondel-ondel ramaikan Fete de la Musique di Berlin


Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024