Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa pada Senin, sebagian besar wilayah Indonesia berisiko hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, seperti Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.

Peringatan yang sama juga diberikan pada Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan.

Adapun Sulawesi Barat diperkirakan hujan lebat, dan Aceh serta Nusa Tenggara Timur diperkirakan angin kencang.

Pada pagi hari, sebagian besar kota diperkirakan cerah atau cerah berawan, namun sejumlah kota seperti Samarinda dan Tarakan diperkirakan hujan ringan.

Surabaya, Pekanbaru, Kupang, dan Padang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari.

Sementara itu, Yogyakarta dan Palangkaraya diperkirakan berawan sepanjang hari.

Siang hari, diperkirakan sejumlah kota masih mengalami hujan ringan, yaitu Jambi, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Manado.

Di waktu yang sama, Medan, Palembang, Kendari, Ternate, diperkirakan hujan sedang, dan Banjarmasin diperkirakan hujan petir.

Hujan petir juga diperkirakan turun di Manokwari pada malam hari, dan di Samarinda serta Tarakan pada dini hari.

Untuk wilayah DKI Jakarta, diperkirakan berawan atau cerah berawan sepanjang hari, kecuali Kepulauan Seribu yang diperkirakan hujan ringan pada dini hari.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca mayoritas kota besar di Indonesia cerah
Baca juga: Jumat, BMKG prakirakan sebagian besar ibu kota provinsi cerah berawan

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024