Jakarta (ANTARA) - Hungaria menjaga peluang lolos ke 16 besar Piala Eropa 2024 setelah menaklukkan Skotlandia dengan skor 1-0, pada pertandingan terakhir Grup A di Stuttgart Arena, Stuttgart, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Hasil itu membuat Hungaria berada di posisi ketiga Grup A dengan koleksi tiga poin, dan berpeluang lolos ke putaran selanjutnya sebagai tim peringkat ketiga terbaik. Bagi Skotlandia, mereka terpuruk di dasar klasemen dengan satu poin dan dipastikan pulang lebih awal, demikian dikutip dari laman resmi UEFA.

Ini menjadi hasil yang pahit bagi Skotlandia yang berusaha lolos ke fase grup turnamen utama untuk pertama kalinya, ketika mereka gagal mencegah gawangnya kemasukan pada fase akhir laga.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke melakukan satu perubahan ketika Scott McKenna menggantikan Kieran Tierney, yang harus ditarik keluar lapangan saat mereka bermain imbang 1-1 dengan Swiss.

Sedangkan Hungaria tiba di Piala Eropa dengan ekspektasi yang tinggi setelah menjalani 14 pertandingan tanpa terkalahkan sejak November 2022 sampai Maret tahun ini. Mereka juga mampu mengalahkan Inggris dua kali pada UEFA Nations League terakhirnya, serta menaklukkan Jerman pada laga tandang.

Namun dua kekalahan beruntun telah menghantam kepercayaan diri Hungaria, dan membuat pasukan Marco Rossi perlu menaklukkan Skotlandia untuk memelihara harapan lolos ke fase grup.

Kiper Skotlandia Angus Gunn harus bekerja keras untuk menjauhkan bola Bendeguz Bolla yang mengancam gawangnya, sedangkan Styles dan Willi Orban mendapat kartu kuning saat akibat melanggar McGinn pada babak pertama yang berlangsung sengit tetapi tidak banyak menghasilkan peluang.
  Hal itu terjadi sampai Che Adams melakukan pelanggaran untuk membuat Hungaria mendapatkan tendangan bebas. Tendangan bebas itu diambil oleh Dominik Szoboszlai ke tiang jauh untuk disundul Orban mengenai mistar gawang.

Szoboszlai melepaskan tembakan keras yang tidak berbuah gol, dan baru pada menit ke-53 Skotlandia mampu mencatatkan tembakan ke gawang Hungaria.

Pemain Hungaria Barnabas Varga mengalami insiden mengerikan saat ia berduel Anthony Ralston untuk menyambut tendangan bebas, dan membuat dirinya terjatuh dengan punggung menghantam tanah terlebih dahulu.

Kejadian itu membuat pertandingan harus ditunda sementara untuk membuat Varga bisa mendapat perawatan medis, sebelum ia kemudian ditandu keluar lapangan.

Ofisial keempat mengindikasikan tambahan waktu empat menit, yang membuat kedua tim semakin bersemangat memburu gol penentu kemenangan.
  Kiper Skotlandia Angus Gunn berhasil menggagalkan ancaman dari Andras Schafer dan Szoboszlai, sebelum upaya Csoboth membentur tiang gawang.

Bek Skotlandia Grant Hanley memiliki peluang yang dapat ditepis kiper Peter Gulacsi, sebelum Hungaria mengamankan gol penentu kemenangan pada menit ke-100 ketika Csoboth menyambar umpan tarik untuk menaklukkan Gunn.

Daftar susunan pemain:

Skotlandia: Angus Gunn, Anthony Ralston, Jack Hendry, Grant Hanley, Scott McKenna, Andy Robertson, John McGinn, Billy Gilmour, Callum McGregor, Scott McTominay, Che Adams
Pelatih: Steve Clarke
  Hungaria: Peter Gulacsi, Endre Botka, Willi Orban, Marton Dardai, Bendeguz Bolla, Callum Styles, Andras Schafer, Milos Kerkez, Roland Sallai, Barnabas Varga, Dominik Szoboszlai
Pelatih: Marco Rossi.



​​​​​​​Baca juga: Gol Fuellkrug selamatkan wajah Jerman dari kekalahan di Piala Eropa
Baca juga: Musiala, Schranz dan Mikautadze top skor sementara Piala Eropa 2024
​​​​​​​
Baca juga: Jerman, Spanyol dan Portugal negara yang pastikan lolos ke 16 besar


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024