Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengajak masyarakat turut serta dalam Festival Yoga yang digelar di Jakarta oleh Isha Foundation dan bertepatan dengan momen Hari Yoga Internasional 2024.

"Yoga dan meditasi menawarkan solusi yang efektif untuk mengelola stres dan menjaga keseimbangan emosional," kata Dito Ariotedjo dalam keterangan tertulis pihak penyelenggara, Isha Foundation, di Jakarta pada Minggu.

Dito kemudian berbicara tentang kesehatan mental yang dinilainya  aspek yang sangat penting dalam kehidupan modern, terutama bagi masyarakat perkotaan yang menghadapi berbagai tantangan dengan ritme aktivitas yang sangat cepat.

"Saya sangat mendukung inisiatif ini dan mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam Festival Yoga untuk merasakan manfaatnya secara langsung,” imbuh Dito.

Hari Yoga Internasional dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan rutin diadakan setiap tanggal 21 Juni sejak 2015.

"Melalui festival ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk melepaskan penat dan healing bersama,” kata perwakilan Isha Foundation dalam keterangan tertulis itu.

Baca juga: 700 peserta yoga bersama di Bali pada Hari Yoga Internasional

Menurut Isha Foundation, Festival Yoga bertujuan meningkatkan kesadaran kesehatan mental melalui sesi yoga dan meditasi gratis yang diselenggarakan sejak 16 Juni 2024 sampai Minggu 23 Juni.

Sesi yoga dan meditasi turut diramaikan dengan berbagai kegiatan budaya dan rekreasi untuk semua kalangan secara gratis.

Pakar kebugaran, Ade Rai, menyebut Festival Yoga menjadi peringatan bagi masyarakat bahwa betapa cerdas dan canggihnya tubuh manusia ketika  menciptakan energi hidup seperti emosi, pikiran dan badan.

"Program-program yang diadakan pada festival ini akan mengarahkan kita pada tujuan tersebut,” ujar Ade Rai.

Penggemar yoga yang juga selebriti Indonesia, Anjasmara, menyebut yoga dan meditasi tidak hanya dapat mengatur tingkat stres dan kecemasan tapi juga meningkatkan fokus, daya ingat dan produktivitas.

“Yoga telah menjadi perjalanan hidup yang mengubah saya, dan saya berharap lebih banyak orang akan merasakan manfaatnya yang mendalam," kata Anjasmara.

Baca juga: Frans Teguh sebut yoga-meditasi aktivitas baru di Parapuar Labuan Bajo

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024