Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Belgia Domenico Tedesco merasa "sangat lega" akhirnya dapat memenangkan laga di Piala Eropa 2024 setelah timnya menang 2-0 atas Rumania pada laga kedua Grup E di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu dini hari WIB.

Dua gol Belgia pada malam itu dicetak oleh Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Sebelumnya, dengan banyaknya peluang yang diciptakan, Reds Devils pada laga pertama harus gigit jari karena takluk 0-1 dari Slovakia.

"Saya sangat lega kami memenangkan pertandingan, sangat penting untuk mendapatkan tiga poin tersebut," kata Tedesco, dikutip dari laman resmi UEFA, Minggu.

Pada malam itu, Belgia mendominasi jalannya laga dengan menciptakan 20 tembakan yang sembilan di antaranya tepat sasaran. Tedesco mengatakan dari banyaknya peluang itu, seharusnya timnya mampu memenangi laga lebih dari hanya sekedar keunggulan dua gol.

"Saya pikir kami bisa mencetak tiga, empat, atau lima gol malam ini. Sangat menyenangkan kami menciptakan peluang seperti ini dan kami harus tetap bersabar," kata pelatih 38 tahun itu.

Baca juga: Belgia kembali "bernapas" di Euro setelah menang 2-0 atas Rumania

Sementara itu, salah satu pencetak gol yang juga keluar sebagai pemain terbaik Kevin De Bruyne mengatakan bahwa saat timnya kalah pada laga perdana, ia "tidak khawatir" karena menurutnya "kami tidak bermain buruk".

"Kami bermain bagus sepanjang pertandingan (malam ini) dan saya pikir kami pantas menang, jadi saya senang. Yang penting adalah kami menciptakan peluang dan situasi seperti itu," tambahnya.

Pelatih Rumania Edward Iordanescu mengakui kemenangan Belgia karena "Mereka adalah tim yang lengkap". Ia menambahkan dengan gaya permainan Belgia melawan timnya, ia merasa De Bruyne dan kawan-kawan adalah kandidat kuat untuk memenangkan gelar Euro 2024.

Kemenangan Belgia ini membuat semua tim di Grup E memiliki tiga poin sehingga penentuan siapa yang akan lolos ke fase gugur ditentukan pada laga terakhir.

Belgia akan melawan Ukraina pada partai pamungkas, Rabu (26/6) pukul 23.00 WIB di Mercedes-Benz Arena, Berlin. Sementara untuk Rumania yang berada di posisi kedua melawan Slovakia di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada waktu yang sama.

Baca juga: Tekuk Slovakia 2-1, Ukraina pupuk harapan lolos ke babak selanjutnya

Baca juga: Jerman, Spanyol dan Portugal negara yang pastikan lolos ke 16 besar

Baca juga: Musiala, Schranz dan Mikautadze top skor sementara Piala Eropa 2024

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024