Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- WeRide berkolaborasi dengan Chye Thiam Maintenance (CTM), perusahaan sanitasi ternama di Singapura. Lewat kolaborasi ini, WeRide Robosweepers memasuki tahap penggunaan secara komersial di Singapura. Fase pertama WeRide Robosweepers telah tiba di Singapura dan menjalani pengujian aspek keselamatan kerja. Selanjutnya, tahap penggunaan resmi segera dimulai pada akhir 2024.

Singapura sukses membuat pencapaian yang luar biasa dalam bidang sanitasi perkotaan. Berbagai jalanan di Singapura ditanami banyak pohon. Singapura juga memiliki banyak taman dan pemandangan indah sehingga dijuluki "Kota Taman". Maka, kolaborasi antara WeRide dan CTM akan menghadirkan teknologi mutakhir dan layanan sanitasi tanpa awak (unmanned) yang bermutu tinggi untuk menjaga kebersihan di Singapura.

CTM adalah salah satu perusahaan sanitasi dan pengelolaan sampah terbesar di Singapura. CTM bahkan telah lama bekerja sama dengan pemerintah Singapura, serta industri hiburan dan pariwisata. Lebih lagi, CTM adalah pionir bidang sanitasi di Singapura.

Sementara, WeRide adalah pemimpin teknologi swakemudi (autonomous driving) global yang menjalankan litbang, pengetesan produk, dan kegiatan operasional di 30 kota di tujuh negara di seluruh dunia. Menawarkan lini produk komprehensif yang telah berkembang dengan baik dan diproduksi massal, WeRide sangat berpengalaman di segmen smart sanitation, smart logistics, dan smart mobility. WeRide pun telah memimpin industri swakemudi.

Sejak September 2022, layanan smart sanitation WeRide telah hadir di berbagai kota, termasuk Guangzhou, Shenzhen, dan Beijing. Implementasi layanan ini berkontribusi terhadap proyek-proyek percontohan dalam pengembangan smart city sehingga meningkatkan daya tarik dan sektor pariwisata wilayah perkotaan.

WeRide Robosweeper S6 memiliki berbagai sensor dan algoritma AI yang sangat akurat. Lewat sensor dan algoritma ini, WeRide Robosweeper S6 mampu melakukan beragam pekerjaan sanitasi di wilayah perkotaan, seperti menyapu jalan, menyemprot air, dan disinfeksi. Robosweeper juga secara otomatis mendeteksi kondisi jalan raya, menghindari pejalan kaki dan rintangan di jalan sehingga menjamin keamanan dan reliabilitas sekaligus efisiensi dalam kegiatan membersihkan jalan.

Di sisi lain, WeRide Robosweeper menggunakan sistem motor listrik demi mengurangi emisi karbon dioksida hampir 10.000 kilogram per bulan secara rata-rata. Berkat sistem ini, Robosweeper memiliki jejak karbon yang rendah sekaligus berkontribusi besar terhadap transformasi yang ramah lingkungan di sektor sanitasi Singapura.

Peluncuran Robosweeper di Singapura mengawali ekspansi bisnis smart sanitation WeRide di pasar internasional, sekaligus mencerminkan potensi bisnis Robosweeper. WeRide menilai Singapura sebagai pusat strategis. Maka, WeRide akan berkolaborasi dengan mitra lokal dan berekspansi pesat di segmen pasar sanitasi di Asia Tenggara. Dengan demikian, WeRide akan menghadirkan layanan sanitasi tanpa awak yang efisien dan bermutu tinggi ke berbagai negara dan kota. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024