“Lomba ini lanjutan dari lomba yang digelar sebelumnya namun hanya tingkat provinsi. Untuk hari ini kita laksanakan tingkat nasional,”
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 1.700 pecinta burung se-Indonesia melaksanakan deklarasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang damai dan sejuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada momentum lomba burung berkicau Kapolda Kalsel Cup 2024.

“Total sebanyak 1.700 para pecinta burung se-Indonesia hadir di Kalimantan Selatan. Sebelum pelaksanaan lomba, semua peserta mengikuti deklarasi damai untuk menyuarakan pilkada yang sejuk ke seluruh penjuru Indonesia,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto setelah membuka secara resmi lomba burung berkicau tingkat nasional di Banjarmasin, Minggu.

Dia menjelaskan agenda yang digelar Polresta Banjarmasin ini sebagai rangkaian dari kegiatan sosial untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara.

“Lomba ini lanjutan dari lomba yang digelar sebelumnya namun hanya tingkat provinsi. Untuk hari ini kita laksanakan tingkat nasional,” ujarnya.

Winarto menyebutkan sebanyak 1.700 peserta yang berasal dari dalam daerah dan luar daerah itu merupakan para pecinta burung profesional.

Menurut dia, agenda ini sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dengan berbagai kreativitas dan gagasan dalam melaksanakan lomba- lomba yang berkaitan dengan masyarakat.

Winarto berharap melalui kegiatan sosial yang dilaksanakan, hubungan antara Polri dengan masyarakat semakin dekat dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aparat penegak hukum (APH) semakin baik pula.

Setelah pembukaan lomba, Kapolda Kalsel menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako kepada tamu undangan khususnya masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo berharap agenda yang digelar Kapolda Kalsel di Kota Banjarmasin ini dapat menciptakan suasana yang sejuk jelang pelaksanaan pilkada pada 27 November mendatang.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendekatkan hubungan Polri dengan masyarakat, sebagaimana program Presisi WIN yang diprogramkan oleh Kapolda Kalsel untuk hadir di tengah-tengah masyarakat,” tutur Sabana.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024