Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin berharap jamaah haji yang baru sampai di tanah air dapat menjadi teladan bagi masyarakat di tempat mereka berada.

"Alhamdulillah semua jamaah haji kloter pertama Lampung sampai dengan selamat. Semoga menjadi haji mabrur dan dapat menjadi contoh baik bagi masyarakat," kata Samsudin saat menyambut kedatangan Jamaah Haji Kloter Pertama Lampung di Asrama Haji, Bandarlampung, Minggu.

Dia pun mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kelancaran pelaksanaan haji di Lampung dari keberangkatan hingga kepulangan jamaah haji dari Tanah Suci.

Baca juga: Kemenag: Kloter haji pertama Lampung dijadwalkan tiba Minggu

"Tentunya saya ucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Lampung, TNI/Polri, dan semua yang terlibat dalam suksesnya penyelenggaraan haji 2024 ini," kata dia.

Pada sisi lain, Samsudin mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga jamaah haji yang wafat di Tanah Suci saat menjalankan ibadah.

"Informasi yang saya dapat ada enam orang yang meninggal dunia. Tentu saya berbelasungkawa, tetapi semua itu takdir dari Allah SWT," kata dia.

Baca juga: Kemenag Lampung sebut 25 orang calhaj batal tunda

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo mengatakan bahwa patut disyukuri karena sebanyak 393 haji Kloter Pertama Lampung sampai dengan selamat di provinsi ini.

"Semoga semuanya menjadi haji mabrur," kata dia.

Puji mengatakan bahwa total jamaah haji Lampung sebanyak 7.301 orang, kemudian dari jumlah tersebut yang batal berangkat sebanyak 25 orang karena berbagai alasan.

Baca juga: Kemenag: JCH Lampung terbagi dalam 19 kloter

"Di Lampung, jamaah haji terbagi dalam 19 kloter dan kepulangannya dimulai hari ini hingga 21 Juli mendatang," kata dia.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024