Lausanne (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) merayakan Hari Olimpiade 2024 dua hari lebih awal di Olympic House pada Jumat (21/6), dan Presiden IOC Thomas Bach mengundang dunia untuk bergabung dengan kampanye IOC yang mengusung tema "Let's Move" atau "Ayo Bergerak".

"Hari Olimpiade tahun ini adalah hari yang sangat istimewa, yang digelar tepat menjelang Paris 2024. Para atlet, penggemar, dan seluruh komunitas Olimpiade di seluruh dunia menantikan Olimpiade yang lebih muda, lebih inklusif, lebih urban, dan lebih berkelanjutan. Paris 2024 adalah Olimpiade pertama dengan kesetaraan gender penuh, Olimpiade pertama yang selaras dengan reformasi Agenda Olimpiade dari awal hingga akhir. Perhelatan Olimpiade ini akan diikuti oleh lebih dari separuh populasi dunia," kata Bach.

Hari Olimpiade diperingati pada 23 Juni setiap tahunnya untuk memperingati hari pendirian IOC pada 1894 oleh Pierre de Coubertin. Tema Hari Olimpiade tahun ini, "Let's Move and Celebrate" atau "Ayo Bergerak dan Merayakan", bertujuan untuk mengobarkan semangat kolektif untuk Olimpiade Paris 2024 dengan mendorong masyarakat agar bergerak aktif dan merasa terhubung melalui olahraga.

"Di masa-masa sulit yang sedang kita alami ini, orang-orang menginginkan sesuatu yang pada akhirnya menyatukan kita. Kita mendambakan sesuatu yang memberikan harapan. Inilah alasan mengapa dunia menantikan gelaran Olimpiade tahun ini sebagai momen kebersamaan, momen kegembiraan, momen harapan, momen solidaritas, momen perdamaian di hari yang sangat istimewa ini," tutur Bach.

Ajang lari reguler Olympic Day Run akan digelar di Lausanne, dan banyak Komite Olimpiade Nasional akan merayakan Hari Olimpiade bersama-sama pada Minggu (23/6). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024