Jakarta (ANTARA) - Aktor Indro Warkop mengaku bernostalgia saat menjadi pengisi suara pada film animasi lokal “Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet.”

Pada film garapan sutradara dan animator Faza Meonk ini, Indro mengisi suara karakter Prof Juned, seorang profesor jenius namun pelupa dan jenaka.

“Kalau saya boleh bilang bahwa ini sebetulnya nostalgia saya, dan mengasah lagi kemampuan kita untuk bisa mengaplikasikan apa yang diminta senario itu. Karena kita hanya terima cerita dan dialog,” kata dia pada gala premier film tersebut di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu malam (22/6).

Indro mengungkap bahwa menjadi pengisi suara di film kategori semua umur tersebut membuatnya terkenang dengan awal karirnya sebagai penyiar radio.

Baca juga: Faza Meonk janjikan cerita baru di "Si Juki The Movie"

Baca juga: Film animasi Si Juki tayang di bioskop tahun depan


Menjadi pengisi suara tak kalah rumit dengan berlakon di depan kamera sebagai aktor, kata Indro Warkop.

Menurutnya, pengisi suara harus mampu mengekspresikan berbagai nuansa emosi hanya melalui suara, tanpa bantuan ekspresi wajah atau gerakan tubuh yang bisa digunakan oleh aktor.

Para pengisi suara film "Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet" melakukan konferensi pers di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (22/6/2024). ANTARA/Pamela Sakina/am.

Mereka harus mampu membuat penonton animasi merasakan ketegangan, kegembiraan, kesedihan, atau kemarahan melalui intonasi, ritme, dan volume suara.

“Karakter saya ini tetap ada betawinya, tetapi saya profesor bagaimanapun juga, jadi ada bahasa-bahasa yang lebih akademis. Jadi bukan hanya sekedar baca, pakai latihan kita di situ, dibilang gampang, enggak juga, karena ini lebih presisi ketimbang kita siaran,” Indro menjelaskan.

Adapun kisah “Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet” melanjutkan seri pertamanya di mana Juki, yang awalnya mendapat ketenaran dan kekayaan, kemudian jatuh miskin.

Di tengah kondisi keuangan keluarga yang sulit, petualangan Si Juki dimulai saat dia menemukan sebuah peta harta karun peninggalan nenek moyangnya.

Film animasi karya anak bangsa ini akan tayang di layar lebar Tanah Air mulai 27 Juni 2024.

Baca juga: "Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet" libatkan Mandra, Bryan Domani

Baca juga: Indro kenang Dono dan Kasino sebelum produksi "Don't Know? Kasih No!"


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024