Kedua belah pihak akan memulai kerja sama di tingkat provinsi mengenai transisi hijau dan membentuk kelompok kerja untuk upaya penurunan karbon industri.
Beijing (ANTARA) - Dialog tingkat tinggi pertama di bawah mekanisme diskusi dan kerja sama China-Jerman mengenai perubahan iklim dan transisi hijau diadakan di Beijing, China, Sabtu (22/6).

Beberapa hasil penting diumumkan usai dialog tersebut. Kedua belah pihak akan memulai kerja sama di tingkat provinsi mengenai transisi hijau dan membentuk kelompok kerja untuk upaya penurunan karbon industri.

Kedua negara juga akan berkolaborasi dalam sejumlah proyek percontohan untuk meningkatkan efisiensi energi di berbagai sektor penting, menurut pernyataan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China.

Dalam dialog tersebut, China menyatakan kesiapan untuk meningkatkan lebih lanjut kerja sama dengan Jerman dalam hal efisiensi energi, ekonomi sirkular, upaya penurunan karbon industri, dan transisi energi.

Sementara itu, Jerman bersedia untuk menjajaki kolaborasi lebih lanjut dengan China di berbagai bidang seperti energi terbarukan, pengembangan jaringan listrik pintar (smart grid), serta produksi berbagai produk nol karbon (zero-carbon) dan rendah karbon. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024