Jakarta (ANTARA) - Pertemuan Skotlandia dan Hungaria dalam pertandingan terakhir Grup A Euro 2024 menjanjikan permainan terbuka yang akan jauh lebih sengit dibandingkan dengan pertandingan terakhir lainnya di grup ini antara Jerman dan Swiss.

Pasukan Tartan masuk gelanggang dengan bekal satu poin yang mereka dapatkan setelah mengimbangi Swiss dalam pertandingan kedua, sedangkan Tim Magyar tanpa poin setelah kalah dari Swiss dan Jerman.

Kemenangan bisa memastikan Skotlandia mendapatkan peluang lolos ke fase gugur dengan status peringkat ketiga terbaik.

Mereka juga bisa menyalip Swiss jika menang dalam selisih empat gol dari Hungaria dan saat bersamaan Swiss kalah dengan selisih tiga gol dari Jerman. Ini skenario yang hampir mustahil, terutama menang minimal 4-0 dari Hungaria.
(Dari kiri) Gelandang Skotlandia Callum McGregor #08, duo bek Skotlandia Andrew Robertson #03 dan Liam Cooper #16 bersiap untuk latihan tim menjelang laga terakhir penyisihan Grup A Euro 2024 kontra Hungaria, di base camp tim di Garmisch-Partenkirchen, pada 22 Juni 2024. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP) (AFP/MIGUEL MEDINA)

Masalahnya, jika catatan perjalanan sebelumnya menjadi ukuran, skenario kemenangan Skotlandia itu sulit untuk dibuktikan di lapangan. Ini karena sepanjang mengikuti Piala Eropa, Skotlandia hanya bisa menang dua kali dari total 11 pertandingan.

Hungaria sendiri masih berpeluang lolos dari fase grup jika mengalahkan Skotlandia. Itu akan membuat Hungaria menempati posisi ketiga, tapi kelolosan mereka ke fase gugur harus menunggu rangkaian terakhir laga fase grup dalam turnamen ini.

Tim asuhan Marco Rossi masuk arena Euro 2024 dengan ekspektasi tinggi berkat perjalanan mengesankan selama kualifikasi.

Mereka hanya satu kali kalah dalam 16 pertandingan terakhir sebelum kickoff Euro 2024, tapi kini mereka di ambang tersingkir dini dari turnamen ini.

Hasil imbang akan membuat kedua tim kecil kemungkinan lolos ke fase gugur. Namun, pada akhirnya laga ini menjadi tentang kebanggaan dan harga diri bahwa kedua tim tidak datang ke Jerman sebagai tim pelengkap.

Baca juga: Skotlandia jaga asa lolos ke babak selanjutnya usai imbangi Swiss 1-1

Selanjutnya: Seimbang

Copyright © ANTARA 2024