Diharapkan warga dapat memanfaatkan momen liburan ini untuk melakukan perekaman KTP elektronik di loket-loket Dukcapil Kelurahan sesuai domisili mereka
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jakarta Selatan memberikan pelayanan khusus administrasi kependudukan (adminduk) dalam rangka menyambut HUT ke-497 Jakarta.

"Bertepatan dengan HUT ke-497 Jakarta hari ini masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan," kata Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Nurrahman di Jakarta, Sabtu.

Nurrahman menuturkan layanan adminduk khusus ini bertujuan untuk memfasilitasi warga yang terkendala dalam mendapatkan pelayanan di hari kerja.

Terutama, lanjut dia, terkait layanan perekaman foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi warga berusia 16-17 tahun demi mengejar target jumlah pemilih pemula.

"Diharapkan warga dapat memanfaatkan momen liburan ini untuk melakukan perekaman KTP elektronik di loket-loket Dukcapil Kelurahan sesuai domisili mereka," ujarnya.

Selain melakukan perekaman KTP-el, loket Dukcapil juga melayani aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Harapannya dengan adanya layanan perekaman KTP di hari Sabtu atau hari libur ini, capaian target kepemilikan dokumen kependudukan di wilayah Jakarta Selatan tahun 2024 bisa mencapai 100 persen.

"Kita saat ini juga sedang melakukan beberapa inovasi seperti layanan jemput bola di sekolah, program Kampung Sadar Adminduk (Kamsa), serta layanan jemput bola perekaman KTP elektronik di rumah bagi disabilitas (Laksa Betawi)," ujarnya.

Untuk diketahui, kelurahan yang membuka layanan adminduk pada hari ini sebagai berikut.
  1. Kecamatan Kebayoran Lama meliputi Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kelurahan Pondok Pinang, dan Kelurahan Cipulir.
  2. Kecamatan Pasar Minggu meliputi Kelurahan Pasar Minggu, Kelurahan Pejaten Timur, dandan Kelurahan Ragunan.
  3. Kecamatan Setiabudi meliputi Kelurahan Pasar Manggis.
  4. Kecamatan Cilandak meliputi Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Gandaria Selatan, Kelurahan Cipete Selatan, dan Kelurahan Cilandak Barat.
  5. Kecamatan Kebayoran Baru meliputi Kelurahan Gandaria Utara, Kelurahan Gunung, dan Kelurahan Cipete Utara.
  6. Kecamatan Pancoran meliputi Kelurahan Duren Tiga. Sedangkan Kecamatan Tebet meliputi Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Manggarai Selatan.
Baca juga: Pengaktifan kembali NIK DKI Jakarta bisa dilakukan kapanpun
Baca juga: Dukcapil Jaksel rekam 1,7 juta KTP elektronik warga
Baca juga: 238 ribu orang Jakarta pindahkan adminduk sesuai domisili

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024