Gianyar, Bali (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memproyeksikan turnamen sepak bola Bali 7S menjadi ajang kompetisi kategori pemain muda terbesar di Asia yang diinisiasi oleh klub Bali United.

“Bukan tidak mungkin ini akan menjadi sebuah turnamen kelompok usia dini yang terbesar yang ada di Indonesia dan saya harap juga di Asia,” kata Erick Thohir di sela membuka turnamen itu di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu.

Turnamen perdana yang diadakan di pusat latihan Bali United Training Center itu diikuti oleh 225 klub tak hanya dari Bali dan sejumlah kota lain di tanah air, tapi juga klub dari Filipina, Thailand dan Malaysia.

Bahkan, lanjut dia, panitia juga menerima permintaan partisipasi dari klub asal China, Jepang dan Australia.

Adanya minat yang tinggi pada ajang yang berlangsung 21-23 Juni 2024 itu menjadikan kompetisi tersebut berpeluang besar melahirkan bibit unggul pemain sepak bola profesional yang dibina sejak usia dini.

“Intinya dalam usia muda ini, bagaimana mereka mengerti permainan sepak bola, lebih banyak menyentuh bola, bukan fisik atau teknik dulu tapi bagaimana kebersamaan dan makin banyak menguasai bola,” imbuh Menteri BUMN itu.

Tak hanya sebagai pengembangan talenta muda sepak bola, ajang tersebut juga mendukung pariwisata olahraga yang mulai banyak dikembangkan di Bali.

“Ini sebuah kesempatan bagaimana Indonesia juga bisa terus membuka diri dengan sport tourism,” imbuhnya.

Baca juga: PSSI dukung timnas sepak bola jalanan ukir prestasi di HWC 2024

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri mengungkapkan ajang perdana itu ditujukan untuk mendukung pengembangan dan menyediakan wadah pembinaan bibit pemain sepak bola, selain mendukung pariwisata olahraga di Bali.

“Kami akan terus berusaha menjadikan turnamen ini berkembang dan makin besar,” katanya.

Ada tujuh kategori kelompok usia yang dilombakan pada turnamen Bali 7S yakni kelompok putra kategori U8, U10, U12, U14, U16 dan U18 (Pro) dan kelompok putri.

Jumlah tim yang mendaftar antara lain 16 tim kategori U8, 35 tim kategori U10, 53 tim kategori U12, 56 tim kategori U14, 33 tim kategori U16, 22 tim kategori U18 (Pro), dan 10 tim kategori putri.

Pada hari pertama dan kedua, ada 550 pertandingan yang diadakan di lapangan latihan skuad Serdadu Tridatu itu yang dibagi menjadi 30 lapangan pada lahan seluas 30 hektare di pinggir pantai tersebut.

Pada hari ketiga setiap peserta akan melaju ke babak perempat final, semifinal dan babak final.

Kemudian, tim juara dari masing-masing kategori usia tersebut akan dipilih pemain terbaik dari masing-masing kategori usia.

Baca juga: PSSI tuai apresiasi usai gandeng Pemda jalankan pembinaan pemain muda

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024