Jakarta (ANTARA) - Portugal memiliki banyak alasan untuk optimistis bahwa pertemuan mereka dengan Turki di Signal Iduna Park dalam pertandingan kedua Grup F Euro 2024, akan berakhir dengan kemenangan guna menyusul Jerman dan Spanyol ke fase grup.

Optimisme itu bukan saja karena perjalanan mulus selama babak kualifikasi dan dilanjutkan dengan kemenangan penting 2-1 atas Ceko pada pertandingan pertama, tapi juga oleh riwayat positif Oranye selama bertemu Bintang Bulan Sabit.

Dari total sembilan kali bertemu dengan Turki, tim asuhan Roberto Martinez tujuh kali mencatat kemenangan. Dua lainnya dimenangkan oleh Turki.

Lalu, sejak Euro 2012 ketika tim yang kini dilatih Vencenzo Montella itu menang 3-1, Turki tak pernah bisa mengalahkan Portugal.

Pertemuan kedua tim selalu berakhir dengan menang atau kalah. Tak ada catatan seri.

Dalam ajang Piala Eropa sendiri, pasukan Roberto Martinez sudah empat kali menghadapi skuad Vincenco Montella.

Tiga dari pertemuan itu dimenangkan Selecao, pada fase grup Euro 1996, perempatfinal Euro 2000 dan fase grup Euro 2008, tanpa kebobolan satu pun gol.

Namun itu tak mengganggu pikiran Montella. Pelatih asal Italia itu amat bernafsu membawa Turki mengalahkan Portugal sehingga bisa bersiap lebih awal menghadapi fase grup Euro 2024.

Target pertama Turki dalam Euro 2024 ini, kata Montella, adalah memenangkan pertandingan pertama, lalu yang kedua dan setelah itu fase gugur.

Ternyata, Montella berhasil merealisasikan target itu. Turki menang 3-1 atas Georgia dalam pertandingan pertama.

Untuk pertama kali pula Turki langsung mencatat kemenangan dalam Piala Eropa. Sebelum Euro 2024 Turki sudah mengikuti turnamen ini empat kali, termasuk Euro 2008 ketika menjadi semifinalis yang finis urutan ketiga.

Montella yakin sekali Turki bisa meneruskan tren bagus ini saat menghadapi Selecao yang hampir sempurna di semua departemen.

Portugal sendiri berusaha hati-hati terhadap salah satu kuda hitam Euro 2024 itu.

Winger mereka, Diogo Jota, bahkan menilai skuad Turki lebih baik dari pada Republik Ceko yang mereka tekuk 2-1 dalam laga pertama.


Baca juga: Polandia jadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Eropa 2024
Baca juga: Laga Belanda vs Prancis berakhir imbang nihil gol



Halaman berikut:  Baik Portugal maupun Turki tak akan leluasa menekan

Copyright © ANTARA 2024