Jakarta (ANTARA) - Belgia memerlukan ketajaman striker Romelu Lukaku agar lolos dari fase grup Piala Eropa 2024 menjelang pertandingan melawan Romania pada Minggu dini hari WIB nanti.

Belgia duduk di dasar klasemen Grup E usai kalah 0-1 dari Slovakia pada pertandingan pertama.

Untuk itu, pasukan Domenico Tedesco wajib meraih tiga poin atas Rumania untuk mencegah Belgia angkat koper lebih awal dari turnamen ini.

Pemain bertahan Belgia Jan Vertonghen menyatakan timnya saat ini sangat memerlukan ketajaman Lukaku yang sudah mencetak 85 gol dalam 116 penampilan bersama Belgia.

"Saya sangat percaya pada Lukaku, tidak ada satu pun pemain di tim ini yang lebih saya percayai, baik secara mental maupun kualitas," kata Vertonghen sebagaimana diwartakan AFP pada Sabtu.

"Saya yakin kami akan mencetak gol. Jika tidak, saya khawatir jangan-jangan kami memang tidak memiliki kualitas," kata mantan bek Tottenham yang kini memperkuat Anderlecht di Liga Belgia.

Baca juga: Rangnick kritik performa Austria di bawah standar meski menang

"Romelu menyukai momen-momen ini, tekanan ada pada dirinya, dia akan fokus ada pada dirinya," kata Vertonghen.

Kapten Belgia, Kevin De Bruyne, mengamini Vertonghen bahwa timnya memang memerlukan striker ganas yang bisa mencetak gol di gawang Rumania.

“Kami tidak bermain buruk, hanya saja kami memang belum mencetak gol,” kata De Bruyne.

"Tentu saja sekarang kami perlu bermain lebih efisien di pertandingan kedua," kata gelandang Manchester City itu.

Belgia akan tersingkir dari Piala Eropa jika kalah dari Rumania. Jika menang, Belgia harus melakoni laga penentuan melawan Ukraina pada Rabu (26/6).

Baca juga: Polandia jadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Eropa 2024
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024