Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional sepak bola Indonesia U-16 melibas Singapura dengan skor 3-0 dalam pertandingan ASEAN Boys Championship (ABC) atau AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Jumat malam.
 
Keunggulan Indonesia tercipta melalui sundulan Muhammad Mierza pada menit ke-39, tendangan penalti Evandra Florasta menit ke-58, dan sepakan terukur Fadly Alberto saat menit ke-86.
 
Dalam pertandingan perdana Garuda Muda itu, Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto, menurunkan duet Muhammad Mierza dan Fadly Alberto untuk membombardir gawang lawan.
 
Strategi itu terlihat cukup efektif, karena pergerakan keduanya telah merepotkan pertahanan Singapura.
 
Dari sisi tengah juga beberapa kali menekan pertahanan negara tetangga tersebut.
 
Pada menit ke-22, Nazriel Alfaro mendapatkan umpan terobosan dari Fabio Azka dan berhadapan satu lawan satu. Namun sepakannya meleset ke sisi kiri kiper Singapura, Jarec Ng.

Baca juga: Nova Arianto umumkan 23 pemain untuk Piala AFF U-16 2024
 
Tidak sampai disitu. Menit ke-25, gantian Evandra menyisir sisi kiri pertahanan lawan. Dia mencoba melakukan cut inside dan melepas tendangan melengkung, tetapi masih jauh di atas mistar gawang.
 
Kerja sama Daniel dan Nazriel, juga mencoba menguasai sisi tengah lapangan.
 
Namun, bencana datang bagi Mierza dan kawan-kawan. Sepakan gelandang Singapura, Uchenna, berbuah penalti karena mengenai tangan (handball) oleh Putu Panji.
 
Kapten Singapura, Nathan, mengeksekusi tendangan penalti itu. Tetapi, ketenangan oleh Muhammad Nur Ichsan mampu membaca arah bola, sehingga tendangan 12 pass berhasil digagalkan.
 
Terus-menerus diserang pemain Indonesia, Iliya Naufal terpaksa melanggar Fadly Alberto pada menit ke-31, guna memutus aliran bola ke sisi pertahanan Singapura. Pelanggaran itu pun berbuah kartu kuning pertama dalam pertandingan tersebut.
 
Selang satu menit kemudian, giliran gelandang potensial Indonesia, Evandra Florasta, mencoba penetrasi melewati dua bek Singapura. Tetapi usaha itu gagal, karena gelandang nomor 6 itu kehilangan keseimbangan saat melewati pemain lawan.
 
Sampai peluit babak pertama dibunyikan, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda.

Baca juga: ABC (AFF) U-16, Indonesia unggul dari Singapura 1-0 pada babak pertama

Selanjutnya: babak kedua

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024