Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu (Pemkab Pulau Seribu) Kepulauan Seribu mengedukasi sejumlah pelaku usaha di daerah setempat dalam mengelola keuangan bisnis yang mereka jalani.

"Kami memberikan pelatihan 'soft skill' bertema Cara Jitu Mengelola Keuangan Bisnis kepada 25 pelaku usaha untuk mengembangkan potensi usaha mereka," kata Kepala Seksi Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu, Syamsul Hidayat di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pelatihan ini dimaksudkan agar pelaku usaha di Pulau Sebira memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola keuangan yang efektif.

Ia mengatakan pengelolaan keuangan yang baik adalah kunci keberhasilan jangka panjang bagi para pelaku usaha.

Baca juga: PJ Gubernur DKI Jakarta Hadir Dalam Pembukaan Bazar UMKM Perumda Pasar Jaya

"Pelatihan ini rutin diadakan tiap tahunnya secara bergilir, dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kapasitas peserta dalam pengelolaan keuangan untuk pengembangan usaha mereka,” kata dia.

Ia menjelaskan para peserta diberikan beberapa materi pelatihan seperti teori dan praktik cara jitu mengelola keuangan bagi UMKM yang menghadirkan narasumber dari Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB), Triyono.

"Kami berharap dengan pembekalan ini mereka mau melakukan perubahan dalam menumbuhkan bisnisnya secara terstruktur dan tersistem," kata dua

Selain itu, para pelaku usaha ini diharapkan mampu meningkatkan omset dan labanya sehingga nantinya mereka percaya diri untuk memperluas pasar baik secara daring maupun luring. 

Baca juga: Jaktim raih Rekor MURI dengan jumlah peserta Bazar UMKM terbanyak

Mereka juga harus berani menjual dengan harga tinggi tapi tetap laris diantre pembeli.

"Mudah-mudahan para peserta ini dapat meningkatkan pemasaran produk usaha mereka, memperluas pangsa pasar, dan omset penjualannya pun dapat meningkat," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024