Beijing (ANTARA) - China akan meningkatkan dukungan bagi perusahaan-perusahaan "raksasa kecil" di negaranya, sebagai bagian dari upaya untuk mendorong industrialisasi baru dan meningkatkan sistem industri modern di negara tersebut, kata Kementerian Keuangan China pada Rabu (19/6).

Dana fiskal pusat akan dialokasikan untuk mendorong pengembangan perusahaan-perusahaan "raksasa kecil", dengan lebih dari 1.000 perusahaan diperkirakan akan menerima dukungan tahun ini, ungkap kementerian tersebut.

"Raksasa kecil" mengacu pada elite-elite baru dari usaha kecil dan menengah (UMKM) China yang bergerak di bidang manufaktur, mengkhususkan diri pada pasar yang spesifik (niche market), dan mengandalkan teknologi mutakhir.

China akan meningkatkan dukungan untuk "raksasa-raksasa kecil" itu selama periode 2024-2026, dengan fokus pada rantai industri utama, industri emerging yang strategis, serta sektor-sektor lainnya, papar sebuah surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan China bersama Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Dana ini akan digunakan untuk mendorong perusahaan-perusahaan tersebut mengatasi tantangan teknologi, mengembangkan produk baru, membangun kapasitas pendukung rantai industri, serta mendukung pemerintah daerah dalam membina "raksasa kecil", urai Kementerian Keuangan China.

China bermaksud membina 10.000 "raksasa kecil" selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025). Data resmi menunjukkan bahwa negara itu telah menginkubasi 12.000 "raksasa kecil".

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024