Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menguatkan edukasi perilaku antikorupsi melalui ajang Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) yang merupakan bagian dari salah satu strategi pendidikan untuk memberantas korupsi melalui seni.

Kepala Sekretariat Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Guntur Kusmeiyano di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan pemberantasan korupsi merupakan serangkaian tindakan untuk mencegah dan menanggulangi perilaku tersebut.

"Melalui ACFFEST, poinnya adalah peran serta masyarakat. Strategi KPK ada tiga, yakni pendidikan, pencegahan dan penindakan. Ini strategi pendidikan, berantas korupsi lewat seni khususnya film," kata Guntur.

Baca juga: KPK ajak sineas tularkan nilai antikorupsi lewat film

Dalam peringatan satu dekade ACFFEST yang kali ini digelar di Kota Malang tersebut, Guntur menjelaskan bahwa dalam film yang diputar pada ACFFEST tersebut bertujuan untuk memunculkan keinginan masyarakat agar tidak melakukan tindakan korupsi.

Menurut dia, upaya untuk memunculkan kesadaran masyarakat tersebut merupakan strategi yang berbeda dibandingkan dengan langkah pencegahan yang menutup peluang untuk memunculkan perilaku korupsi.

"Film-film itu menyentuh. Dengan pendidikan, orang itu tidak ingin korupsi, tujuannya ke sana. Itu berbeda dengan pencegahan yang menutup peluang untuk korupsi," katanya.

Ia mengatakan penguatan edukasi untuk mencegah perilaku korupsi tersebut lebih menyasar ke pribadi masing-masing orang.

Baca juga: KPK: Film jadi wadah generasi muda sampaikan pesan antikorupsi

Selain terus berupaya melalui sejumlah program yang disiapkan KPK, kata Guntur, pihaknya juga menggandeng sejumlah pemangku kepentingan terkait untuk memerangi korupsi.

"Pendidikan itu pribadi. Mudah-mudahan, dengan kegiatan seperti ini akan terus berkembang dan (perilaku antikorupsi) membudaya," katanya.

Anti-Corruption Film Festival merupakan ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK dengan tema 1 Dekade Berkarya: Berantas Korupsi Lewat Seni.

ACFFEST pertama kali digelar pada 2013, dan 2024 merupakan 1 Dekade ACFFEST dengan mengusung harapan yang sama yakni mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi aktif dan kritis dengan menuangkan ide dalam bentuk audio visual sebagai kontribusi dalam mengkampanyekan nilai-nilai antikorupsi.

Baca juga: KPK sebarkan pesan antikorupsi lewat festival film
Baca juga: Ketua KPK sebut film jadi pendekatan budaya untuk berantas korupsi
Baca juga: KPK harap penyelenggaraan ACFFest 2022 tumbuhkan budaya antikorupsi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024