Jakarta (ANTARA) -
Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Jumat ditutup turun dipengaruhi sentimen pemangkasan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).
 
Pada akhir perdagangan Jumat, rupiah melemah 20 poin atau 0,12 persen menjadi Rp16.450 per dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp16.430 per dolar AS.
 
"Rupiah berada pada titik terlemahnya karena dolar AS terdorong ke level tertinggi baru dalam delapan minggu akibat dari pendekatan Federal Reserve yang sabar dalam menurunkan suku bunga kontras dengan sikap yang lebih dovish di negara lain," kata analis Finex Brahmantya Himawan kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.
 
Sementara itu, para pejabat bank sentral AS atau The Fed membiarkan kebijakannya tidak berubah di pertemuan mereka pada Juni 2024, dan memangkas proyeksi sebelumnya untuk pemotongan tiga perempat poin tahun ini menjadi satu, bahkan ketika inflasi telah mereda dan pasar tenaga kerja telah melemah.
 
Menurut Brahmantya, penguatan dolar AS tersebut juga tidak luput dari gejolak politik yang terjadi pada Zona Eropa, serta geopolitik Timur Tengah yang memanas lagi akibat eskalasi Israel-Hizbullah membawa mata uang safe haven yakni dolar AS lebih terapresiasi.
 
Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS relatif masih baik apabila dibandingkan dengan mata uang sejumlah negara di dunia, dari akhir tahun rupiah melemah 5,92 persen untuk rupiah dari Desember.
 
Mata uang negara lain seperti Won Korea Selatan melemah 6,78 persen, Baht Thailand melemah 6,92 persen, Peso Filipina melemah 7,89 persen, Rio Brasil melemah 10,63 persen, sedangkan Yen Jepang melemah 10,78 persen.
 
Sementara jumlah orang yang mengklaim tunjangan pengangguran di AS berkurang 5.000 dari 243.000 menjadi 238.000 pada pekan kedua bulan Juni, di atas ekspektasi pasar sebesar 235.000, menandai angka tertinggi kedua sejak Agustus 2023.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat merosot ke level Rp16.458 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.420 per dolar AS.

Baca juga: IHSG ditutup menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa kawasan
Baca juga: Harga emas Antam meroket Rp16.000 jadi Rp1,371 juta per gram
Baca juga: Pengamat anjurkan investasi sikapi pelemahan nilai tukar rupiah

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024