Makassar (ANTARA) – Bea Cukai berupaya mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan pelatihan ekspor bertajuk “Next Level Goes to Malino”. Pelatihan berlangsung pada 6-7 Juni 2024 di Gowa dan dihadiri oleh UMKM yang sebagian besar berasal dari Malino.

Pada sesi talkshow, UMKM diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber dan sesama pelaku usaha mengenai tantangan yang dihadapi. Selain itu, UMKM juga mempresentasikan produk mereka kepada panelis untuk mendapatkan masukan guna meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun internasional. 

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Djaka Kusmartata, membuka secara langsung pelatihan ekspor tersebut. Ia berharap pelatihan yang diselenggarakan dapat membuka wawasan baru bagi UMKM mengenai potensi pasar ekspor dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai keberhasilan di tingkat global.

Selanjutnya, pada Kamis (13/06), beberapa UMKM binaan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan (Sulsel) mendirikan stan pada gelaran Festival Sulsel Menari bertajuk "South Sulawesi in Harmony". Pasalnya, sebagian dari mereka merupakan UMKM yang telah mengekspor produknya keluar negeri.

Festival Sulsel Menari diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan dengan menampilkan 24 ribu penari dari 24 kabupaten dan kota. Acara yang berlangsung dari 8-15 Juni tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan, termasuk bagi UMKM yang berkesempatan memasarkan produk mereka secara luas dalam festival ini.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024