Festival Sungai Siak ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Siak
Siak, Riau, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau kembali menggelar Festival Sungai Siak 2024 untuk kedua kalinya yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata dengan menghadirkan berbagai perlombaan dan pameran pada 20-23 Juni 2024.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Tekat Perbatas Setia Dewa di Tepian Bandar Sungai Jantan Siak, Jumat, mengatakan, perhelatan ini merupakan agenda rutin dalam rangka melestarikan seni budaya dan edukasi peradaban. Dalam hal ini melestarikan Sungai Siak atau yang dahulu dikenal dengan nama Sungai Jantan.
 
"Festival Sungai Siak ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Siak," katanya.
 
Ia menyebutkan bahwa rangkaian acara Festival Sungai Siak ini diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran untuk melestarikan sungai kepada seluruh masyarakat. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dimeriahkan dengan bazar ekonomi kreatif di Tepian Sungai Jantan, pameran sungai, berbagai macam perlombaan.
 
"Termasuk lomba memancing yang diikuti lebih dari 1000 peserta dari kabupaten dan kota di Provinsi Riau, pertunjukkan seni dan seminar sungai," ujarnya.
 
Bupati Siak, Alfedri mengatakan bahwa Festival Sungai Siak ini untuk mengangkat peradaban sungai siak yang sudah tersohor dari zaman kerjaan dahulu agar tetap dikenal hingga masa yang akan datang. Sungai yang panjangnya mencapai 370 kilometer ini dari zaman kerajaan hingga sekarang masih menjadi jalur transportasi, sumber perairan dan juga sumber mata pencaharian bagi masyarakat sekitar.
 
"Sungai Siak merupakan akar sejarah budaya melayu yang patut dilestarikan dan juga merupakan sumber inspirasi dalam kajian ilmiah dan seni budaya yang sering kita temui juga di pantun, syair dan karya sastra lainnya," kata Alfedri.
 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024