Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan komitmen lembaganya untuk menjalankan kedaulatan rakyat dengan penuh dedikasi.

“Alhamdulillah, apabila rakyat dapat merasakan hasil kerja gotong royong seluruh elemen di DPR,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Puan menanggapi hasil survei Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024, dimana kepercayaan masyarakat pada DPR di angka 62,6 persen.

“Hasil survei ini akan jadi sumber semangat DPR ke depan, untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR RI meningkat tajam. Pada Desember 2023, Litbang Kompas mencatat citra positif DPR sebesar 50,5 persen. Sementara pada Oktober 2022, menurut lembaga yang sama, citra DPR ada di angka 44,4 persen.

Survei Litbang Kompas dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden, dengan penarikan sampel acak sederhana, margin error +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun lembaga negara yang mendapat citra positif menurut survei Litbang Kompas berturut-turut adalah TNI 89,8 persen, Polri 73,1 persen, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 68,6 persen, Kejaksaan 68,1 persen, Mahkamah Agung (MA) 64,8 persen, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 62,6 persen, Mahkamah Konstitusi (MK) 61,4 persen dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 56,1 persen.

Baca juga: OIKN-Komisi VII DPR pastikan kesiapan listrik jelang HUT RI di IKN
Baca juga: Anggota DPR: Permintaan persetujuan tertulis dari KPU picu kecurigaan
Baca juga: Ketua Timwas Haji DPR desak temuan masalah haji ditindaklanjuti

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024