Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan wisata pesiar internasional Resort World Cruises telah melabuhkan kapal pesiarnya yang bernama Resorts World One (RW1) di Tanjung Priok, Jakarta mulai tanggal 16 Juni sampai 1 Juli 2024.

“Kami sangat bangga untuk mencatat sejarah baru di Indonesia dan menjadi bagian dari perayaan ini sebagai penyedia jasa wisata pesiar internasional pertama yang berlabuh di Indonesia melalui kapal pesiar Resorts World One,” kata Direktur Utama Resorts World Cruises Michael Goh dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Goh menuturkan kapal pesiar tersebut menawarkan empat perjalanan pergi-pulang melintasi Singapura-Kuala Lumpur selama enam hari lima malam pada tanggal 16, 21, dan 26 Juni 2024 dan 1 Juli 2024.

Baca juga: Pelindo dan Resorts World Cruises kerja sama tingkatkan pariwisata RI

Kedatangan kapal pesiarnya mendapatkan banyak dukungan dari otoritas lokal Indonesia. Terbukti dengan diadakannya perayaan kedatangan yang dihadiri oleh lebih dari 250 tamu.

Antusias peminat pun juga tinggi karena permintaan tiket untuk keberangkatan perdana dari Jakarta yang kapasitasnya akan mengangkut hampir 3.500 penumpang termasuk kru sudah hampir habis terjual.

Selain kapal yang mewah, dalam perjalanan tersebut juga disediakan hidangan yang telah besertifikat halal bagi pelancong muslim, 18 bar dan restoran di atas kapal pesiar, fasilitas yang dapat dieksplorasi di atas kapal pesiar dengan 13 deck antara lain akses gratis ke beberapa restoran terpilih, pertunjukan di panggung internasional live dan aktivitas rekreasional seperti Parthenon Pool yang bertema Kerajaan Roma yang dilengkapi dengan Caesar’s Slide dan Jacuzzi hingga malam pertunjukan film di atas laut.

Baca juga: Kapal pesiar besar pertama China layani lebih dari 150.000 wisatawan

Para tamu dapat memilih berbagai pilihan akomodasi mulai dari Stateroom sampai Oceanview, Balcony Stateroom, dan suite mewah “The Palace” yang merupakan suatu area privat yang berkonsep kapal pesiar di dalam kapal pesiar yang didukung oleh restoran eksklusif, area berjemur, gym, spa, dan fasilitas lainnya, termasuk layanan 24 jam butler a la Eropa.

Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Laut Kementerian Perhubungan Kapt. Hendri Ginting M.M., mengatakan bahwa Resorts World Cruises yang menghadirkan Resorts World One tidak hanya akan menggairahkan perekonomian lokal, tetapi juga memperkaya keragaman destinasi pariwisata kita.

Baca juga: Pelindo: Kapal pesiar Silver Cloud sandar di Pelabuhan Belawan Medan

“Dengan akomodasi mewah dan fasilitas kelas dunia, Resorts World One akan menarik segmen baru penumpang kapal pesiar baik dari dalam maupun luar negeri,” kata dia.

Direktur Wisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Itok Parikesit berharap peluncuran Resorts World One di Jakarta akan membawa pengaruh positif dan meningkatkan jumlah turis yang berkunjung ke Indonesia, yang pada gilirannya akan mendorong nilai tukar Rupiah.

“Peluncuran ini tidak hanya membuat Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan, tetapi juga sebagai pelabuhan pusat dan destinasi bagi lebih banyak turis untuk mengeksplorasi destinasi lokal,” ujar Itok.

Baca juga: Kemenparekraf perkuat pengembangan wisata minat khusus kapal pesiar 

Baca juga: Kapal pesiar singgahi Bali pada periode libur Lebaran 2024 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024