wilayah Tanah Abang sudah cukup siap menjadi lintasan lari peserta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) memastikan kebersihan dan kesiapan kawasan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Kecamatan Tanah Abang menjelang perhelatan Jakarta Internasional Marathon 2024 pada Minggu (23/6).
 
"Insyaallah, seluruh lintasan sudah kita sterilisasi baik itu untuk kebersihan, kenyamanan, serta keindahan. Mudah-mudahan para peserta maraton yang berasal dari berbagai negara merasa nyaman dan memiliki kenangan yang indah khususnya lintasan yang berada di Jakarta Pusat," kata Wakil Wali Kota (Walkot) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Jumat.
 
Saat meninjau kesiapan akhir pelintasan JAKIM 2024 di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Chaidir menyebut wilayah Tanah Abang sudah cukup siap menjadi lintasan lari peserta.
 
Menurut Chaidir, kegiatan bersih-bersih menyambut kegiatan JAKIM 2024 ini sudah berlangsung sekitar lima kali yang dilakukan setiap Jumat pagi.
 
"JAKIM 2024 merupakan salah satu unsur acara dalam memeriahkan HUT ke-497 DKI Jakarta. Nantinya ada unsur warga masyarakat yang ditempatkan di beberapa titik untuk menjadi penyambut sekaligus penyemangat  peserta dalam menempuh jalur maraton yang telah ditentukan," jelas Chaidir.
 
Sementara itu, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengaku semua jajaran di wilayah Kecamatan Tanah Abang maupun dari sektor swasta berkomitmen untuk menyukseskan gelaran perdana maraton tingkat internasional di Jakarta.
 
"Untuk kegiatan bersih-bersih pagi ini, kita sebar para petugas pelangi yang terbagi menjadi tujuh zona di sekitaran GBK, yaitu Jalan Jendral Sudirman, Jalan Asia Afrika, Gerbang Pemuda dan Gatot Subroto," kata Dicky.
 
Ada sebanyak 300 lebih petugas gabungan dari pasukan pelangi mulai dari petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU/oranye), personel Dinas Bina Marga (kuning), Dinas Lingkungan Hidup dan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air (oranye dan hijau).

Lalu Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (hijau) serta Dinas Sumber Daya Air (biru) dan pemadam kebakaran kembali membersihkan sekaligus mempercantik titik-titik lintasan JAKIM 2024 khususnya yang berada di sekitar GBK.
 
Perhelatan BTN JAKIM 2024 turut melibatkan Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta. Ajang ini menargetkan jumlah peserta mencapai 15.000 pelari, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
 
Tersedia tiga jenis kategori lomba dalam JAKIM 2024, yakni maraton (42,195K), half maraton (21,0975K), dan 10K.
Baca juga: Satpol PP DKI siagakan 2.435 personel saat Jakarta Marathon 2024
Baca juga: Ini 16 rute alternatif saat Jakarta Internasional Marathon 2024
Baca juga: BTN siapkan hadiah Rp3 miliar di Jakarta International Marathon 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024