diharapkan dapat memperkenalkan Sabang sebagai kota wisata, tidak hanya wisata alam, tetapi juga wisata sejarah, budaya dan heritage
Banda Aceh (ANTARA) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Kota Sabang, Aceh pada 23-26 Juni 2024, dengan membawa misi Laskar Rempah dalam rangkaian Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Syamsurizal di Kota Sabang, Jumat, mengatakan Sabang dari dulu terkenal dengan jalur pelayaran dunia, termasuk jalur perdagangan rempah.

"Melalui Muhibah Budaya Jalur Rempah ini diharapkan dapat memperkenalkan Sabang sebagai kota wisata, tidak hanya wisata alam, tetapi juga wisata sejarah, budaya dan heritage," kata Syamsurizal.

Selama di Pulau Weh Sabang, para Laskar Rempah bakal mengunjungi berbagai destinasi kekayaan alam, cagar budaya, serta menyusuri jejak peradaban jalur rempah di kota paling barat Indonesia itu.

Saat ini, kata Syamsurizal, Pemkot Sabang bersama lintas sektor juga telah mempersiapkan berbagai agenda menyambut Laskar Rempah, seperti menyiapkan pemandu tour heritage dalam memperkenalkan Sabang sebagai kota tua dan kota seribu benteng.

Baca juga: ASDP tambah trip kapal penyeberangan menuju Sabang

Baca juga: KRI Dewaruci tinggalkan Dumai, bawa Laskar Rempah menuju Sabang


Kemudian juga bakal ada pertunjukan teaterikal pasar rempah abad 17, panggung seni budaya, khanduri kuah beulangong dan hidang meulapeh, serta jamuan makan Laskar Rempah di pendopo wali kota.

Ada juga acara merangkai ranub meususon Desa Wisata Jaboi, kunjungan ke Benteng Anoi Itam, Benteng Mateo serta museum BPKS Sabang, serta kunjungan ke KM Nol Indonesia.

Di sisi lain, lanjut dia, masyarakat umum juga diperbolehkan untuk mengunjungi KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.

"Berupa open ship mulai tanggal 24 dan 25 Juni 2024 sejak pukul 10.00 WIB, terutama bagi pelajar," ujarnya.

Baca juga: Sabang mulai budi daya tanaman nilam untuk tingkatkan ekonomi petani

Baca juga: Gubernur minta BPKS bangun jejaring untuk menarik investor ke Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024