Generasi muda adalah masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi inovatif dalam menghadapi tantangan lingkungan yang makin kompleks
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyoroti pentingnya pengarusutamaan dan pengembangan generasi lingkungan di Indonesia, terutama dalam menghadapi beragam tantangan lingkungan yang semakin kompleks.

Dalam diskusi mengenai kepemimpinan hijau atau green leadership yang dipantau daring dari Jakarta, Jumat, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan pengarustamaan pengembangan generasi lingkungan terhadap para pemuda Indonesia diperlukan di berbagai sektor, termasuk di pemerintahan.

"Generasi muda adalah masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi inovatif dalam menghadapi tantangan lingkungan yang makin kompleks," kata Menteri Siti Nurbaya.

Baca juga: Menteri LHK sebut gaya kepemimpinan hijau mulai meluas di Indonesia

Menteri LHK itu menyebut mendidik generasi yang cinta lingkungan sehingga akhirnya melahirkan pemimpin yang pro lingkungan hidup dapat dilakukan dengan berbagai program pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan.

"Kita perlu memastikan bahwa ada pengetahuan, keterampilan, dan semangat untuk menjadi pemimpin hijau di masa depan," ujar Menteri Siti Nurbaya.

Kementerian LHK juga terus mendorong pendidikan lingkungan kepada generasi muda untuk memupuk kepemimpinan hijau, salah satunya dengan Program Green Leadership Indonesia (GLI) yang berkolaborasi dengan beragam lembaga non-pemerintah.

Baca juga: Green Leadership RI tanam 574 pohon mangrove di Polewali Mandar

Program itu sendiri sudah memiliki tiga angkatan yang mengikuti pelatihan dan pendidikan GLI, dengan angkatan ketiga menjalani wisuda pada Maret lalu. Menurut data KLHK, GLI telah meluluskan 618 leaders atau calon pemimpin muda, secara rinci angkatan pertama sebanyak 118 leaders, angkatan kedua 207 leaders, dan angkatan ketiga 293 leaders.

Menteri LHK meyakini kolaborasi pemerintah baik pusat maupun daerah, komunitas, aktivis, dan masyarakat, maka akan melahirkan semakin banyak pemimpin yang peduli lingkungan.

"Kepemimpinan yang berwawasan lingkungan adalah kunci untuk mendorong perubahan yang positif dan berkelanjutan di tengah-tengah masyarakat kita," kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Baca juga: Menteri LHK ingin generasi muda berperan dalam gerakan keadilan iklim

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024